Mengenal Jenis Truk Berdasarkan Bentuk, Kapasitas, Jumlah Sumbu dan Roda

RAJAMOBIL.COM, Berbagai tipe dan jenis truk yang ada di tanah air tentunya memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Penamaannya pun berbeda bila dilihat dari berbagai segi. Ketahui beberapa jenis truk berdasarkan bentuk, kapasitas, jumlah sumbu dan roda yang dimiliki.

1. Truk Pick Up

Termasuk jenis truk di indonesia yang paling kecil, karena hanya memiliki 2 jenis sumbu roda dan 4 roda. Berat muatan sekitar 1,5 ton dengan kapasitas atau volume maksimal 1 CBM sampai 6 CBM, tergantung bak yang digunakan.

2. Colt Diesel Engkel

Colt diesel engkel atau truk engkel memiliki sumbu roda dan roda yang sama dengan pick up. Akan tetapi ukurannya lebih besar dan memiliki kapasitas muatan sampai 5 ton.

3. Truk Fuso

Kapasitas truk fuso bisa mencapai 7 sampai 8 ton meskipun jenisnya sama dengan truk colt diesel double. Tergolong kendaraan niaga yang dikeluarkan oleh produsen mobil Mitsubishi.

4. Truk Tronton

Kapasitas muatan bisa lebih dari 20 ton dengan jumlah ban sebanyak 10 buah, 8 di belakang dan 2 di bagian depan. Merk truk tronton memiliki 3 sumbu roda dengan 2 sumbu di bagian belakang dan 1 di bagian depan.

5. Truk Trintin

Mampu mengangkut barang hingga 20 ton atau lebih dengan 3 sumbu roda yang juga terdapat pada bagian depan dan tengah. Sehingga truk trintin memiliki 4 roda pada bagian tengah dan belakang yang dapat dibelokkan.

6. Truk Trinton

Memiliki 4 sumbu roda dan 2 sumbu pada bagian depan dengan mekanisme FWS sehingga dapat dibelokkan dan digerakkan. Sementara 2 sumbu roda yang lain ada pada bagian belakang dan memiliki jumlah roda sebanyak 12 buah.

7. Truk Trailer

Berdasarkan jumlah sumbu dan ketinggian, ada dua jenis truk trailer dengan roda berjumlah 16 sampai 24. Spesifikasi truk trailer yang 20 feet memiliki jumlah sumbu 4-5, sedangkan yang 40 feet memiliki 6 sumbu roda.

8. Truk Kontainer

Truk kontainer merupakan sebuah peti kemas yang bersifat fleksibel karena mampu menampung barang dalam jumlah besar. Juga bukan merupakan sebuah armada sehingga keberadaannya tidak dapat dipisahkan dengan truk trailer.

9. Truk Wingbox

Truk wingbox memiliki komposisi yang sama seperti truk tronton, namun hanya memiliki 2 sumbu roda. Pada ketiga sisi dapat dibuka secara bersamaan sehingga mempercepat proses bongkar muat barang.Itulah beberapa jenis truk yang dibedakan berdasarkan bentuk, kapasitas, jumlah sumbu dan roda yang dimiliki. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here