Cek Kondisi Mobil Persiapan Sebelum Liburan Akhir Tahun

RAJAMOBIL.COM, Akhir tahun memang menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga seperti berlibur bersama. Untuk itu, Kamu sebaiknya cek kondisi mobil persiapan sebelum liburan akhir tahun agar tidak terjadi mobil mogok dan sebagainya.

Lalu, seperti apa tips cek kondisi mobil sebelum liburan akhir tahun atau berlibur? Simak ulasan berikut ini.

1. Cek Air Radiator

Tips periksa mobil sebelum liburan akhir tahun pertama adalah cek air radiator. Air radiator sendiri memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin mobil agar tidak panas. Overheat pada mobil bisa menyebabkan mogok. Untuk itu, Kamu bisa mengeceknya jika air habis maka Kamu perlu mengisinya kembali.

2. Periksa Minyak Rem

Cek mobil yang kedua adalah bagian rem. Mengingat rem adalah bagian vital maka Kamu perlu mengecek minyak rem. Minyak ini bisa Kamu ganti ketika warnanya sudah berubah menjadi hitam atau keruh.

3. Cek Oli dan Aki

Selain minyak rem, Kamu juga perlu mengecek oli dan aki mobil Kamu. Kamu bisa melihat pada level minyak apakah masih banyak atau tidak. Jika sudah sedikit maka Kamu perlu mengisinya secukupnya. Begitu Pula dengan aki mobil yang berfungsi sebagai suplai listrik. Kamu bisa mengeceknya dan mengisinya apabila sudah sedikit.

4. Cek Tekanan Ban

Yang tidak kalah penting yang pelu Kamu perlu cek tekanan ban. Kamu bisa mengisi dengan angin nitrogen dan pastikan jika ban memiliki tekanan kisaran antara 30 sampai 35 psi.

5. Jangan Lupa Cek Wiper dan Lampu Mobil

Mungkin terdengar sepele tapi wiper dan lampu sangat penting apalagi jika sudah memasuki musim penghujan. Kamu perlu mengecek pada bagian elastisitas karet wiper jika sudah rusak atau pecah maka Kamu perlu menggantinya.

Sebelum bepergian maka Kamu perlu cek lampu mobil karena sangat berbahaya jika lampu mati ketika Kamu bepergian di malam hari.

Cek semua lampu mulai dari lampu rem, lampu belok dan lampu utama. Jika lampu mati maka segera perbaiki penyebabnya seperti pada bagian sekring.Itulah tips cek kondisi mobil persiapan sebelum liburan akhir tahun yang bisa Kamu lakukan sebelum liburan dengan mobil Kamu. Lakukan service secara berkala untuk memastikan kondisi mobil selalu prima.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here