Half Time Interview Dengan Head of Operations Formula E Amiel Lindesay

RAJAMOBIL.COM, Amiel Lindesay menggambarkan pertengahan musim yang positif pada TAG Heuer Porsche Formula E Team.

“Kami telah menunjukkan bahwa kami berada di depan”

Menuju paruh kedua Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA, Amiel Lindesay menggambarkan pertengahan musim yang positif untuk Tim Formula E TAG Heuer Porsche. “Kami telah menunjukkan bahwa kami berada di depan,” kata Kepala Operasi Formula E menjelang Puebla E-Prix pada 19 dan 20 Juni di Meksiko. “Kami berada di jalur yang benar. Suasana dalam tim sangat positif, semua orang sangat termotivasi. Ada beberapa hal yang perlu kami lakukan lebih baik di paruh kedua musim ini dan kami bekerja keras untuk mewujudkannya.”

Amiel, di musim Formula E kedua Porsche, tujuh dari 15 balapan telah dipertandingkan. Bagaimana Anda menilai kinerja di paruh pertama musim ini?

“Kami memulai musim dengan persiapan yang baik dan sangat percaya diri. Harapan kami belum sepenuhnya terpenuhi. Kedua Porsche 99X Electric itu cepat, proses di dalam tim bagus, namun, karena beberapa insiden yang tidak menguntungkan di trek, kami tidak mendapatkan hasil yang kami harapkan. Pada dasarnya, semuanya ada untuk menjadi sukses, tetapi kami belum mampu menyatukan semuanya untuk tujuh balapan pertama.”

Ketiga di Roma, kedua di Valencia – apa yang dibutuhkan untuk meraih kemenangan pertama setelah hasil yang luar biasa ini?

“Kami sudah mulai dari barisan depan, kami telah menunjukkan penampilan kualifikasi yang kuat dan kami juga menggarisbawahi bahwa kami bisa berada di depan dalam balapan. Yang kami butuhkan adalah akhir pekan yang bersih di mana semuanya berjalan dengan sempurna, mulai dari penggeledahan hingga balapan. Kemudian hasil teratas yang diantisipasi akan datang, saya tidak khawatir tentang itu.”

Apa hal terpenting yang telah dipelajari tim di paruh pertama musim ini?

“Kami belajar banyak dari setiap balapan dan kami telah membuat kemajuan yang baik di semua bidang penting seperti strategi, perangkat lunak, dan manajemen energi. Kami tahu apa yang kami mampu, bahkan jika itu tidak selalu tercermin dalam hasil saat ini. Di paruh kedua musim ini, kami akan benar-benar berkonsentrasi untuk mengubah performa solid kami di kualifikasi menjadi kemenangan pertama kami.” 

Apa yang berbeda dibandingkan musim lalu dan apa yang perlu diperbaiki untuk balapan mendatang?

“Musim lalu pendek karena pandemi. Akibatnya, kami memiliki lebih sedikit balapan untuk mencapai tingkat performa yang kami tetapkan di kejuaraan dunia yang kompetitif ini. Kami hanya kekurangan kilometer balap dan pengalaman yang menyertainya. Ke depan, kami harus melakukan segala yang kami bisa untuk menjaga kedua mobil sejauh mungkin di depan. Itu kemudian memberi kami pilihan strategis yang lebih luas.” 

Anda tidak dapat mengubah perangkat keras, atau dengan kata lain, powertrain, yang membuat perangkat lunak menjadi lebih penting. Peran apa yang dimainkan perangkat lunak?

“Perangkat lunak jelas merupakan faktor penting. Ini adalah area yang terus berkembang dan kami menginvestasikan banyak waktu dan energi untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan ini. Perangkat lunak ini membantu kami sebagai sebuah tim dan membantu pengemudi untuk mengubah keahlian menjadi kinerja. Seluruh bidang di Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA sangat dekat. Jadi hal-hal kecil yang membuat perbedaan. Perangkat lunak adalah bagian besar dari ini. ”

Dan para pengemudi? Bagaimana Anda menilai pencapaian Pascal Wehrlein dan André Lotterer?

“Sebagai sebuah tim, kami terus bekerja dengan para pebalap untuk memberikan mereka mobil yang sempurna. Namun dalam perlombaan, mereka membuat keputusan sendiri, misalnya bagaimana memanfaatkan energi yang tersedia secara optimal. Kami tidak dapat mensimulasikan hal-hal seperti itu, jadi kami mengandalkan pengalaman dan keterampilan pengemudi kami. Pascal telah beradaptasi dengan baik di Porsche dan merasa betah di dalam tim. Dia kualifikasi yang sangat cepat dan kami telah bekerja dengannya dalam kecepatan balapan. Dia berada di jalan yang baik. André juga sangat cepat dan memiliki banyak pengalaman, namun, saya merasa dia terkadang terlalu lapar untuk mendapatkan kemenangan pertama itu. Di Valencia, di mana dia finis kedua, dia mengendarai balapan yang cerdas. Itulah yang harus terus dia lakukan.” 

Apa harapan Anda untuk paruh kedua musim ini?

“Akan menyenangkan bisa balapan dengan penonton lagi. Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA menawarkan motorsport yang hebat dan para penggemar berhak untuk melihat aksi langsung di trek – jika keadaan saat ini terkait pandemi memungkinkan. Tentu saja, saya juga berharap kami bisa segera merayakan kemenangan pertama kami. Pertarungan memperebutkan gelar juara dunia masih terbuka. Kami kekurangan poin untuk naik peringkat lebih jauh dalam perburuan gelar – tetapi itu bukan karena kami tidak memiliki mobil yang cepat atau tim yang terkoordinasi dengan baik. Hanya insiden di trek yang membuat kami mundur. Itu adalah pengalaman yang sulit bagi kami sebagai tim yang relatif baru di Formula E, tetapi sekarang kami memiliki dasar yang lebih solid dan kami lebih siap daripada di awal musim. Kami akhirnya ingin memenangkan balapan dan kami semakin dekat dengan kemenangan pertama kami.”

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here