Hampir Sama! Inilah Perbedaan Oli Bensin Dengan Oli Diesel

Perbedaan oli bensin dengan oli diesel hingga saat ini menjadi sebuah hal yang jarang diperhatikan. Padahal hal ini merupakan  salah satu komponen yang penting dan berpengaruh dalam mesin. Baik itu mesin kendaraan ringan maupun berbagai peralatan dan kendaran berat.

Oli merupakan sebuah cairan yang ditempatkan pada sebuah mesin yang berfungsi sebagai media untuk melumasi dan melancarkan pergerakan mesin. Kemudian oli juga berfungsi sebagai media untuk menjaga kestabilan mesin dalam mengelola suhu panas, sehingga berperan menjaga keawetan mesin.

Saat ini perkembangan mobil di Indonesia sangat pesat, baik mobil bermesin diesel maupun bensin. Dari keduanya terdapat beberapa perbedaan, diantaranya adalah oli yang digunakan untuk mesin bensin dengan mesin diesel.

Inilah Perbedaan Oli Bensin dengan Oli Diesel yang Harus Anda Pahami

Agar tidak terjadi kekeliruan dalam memilih, berikut adalah 3 perbedaan oli mobil bermesin bensin dengan bermesin diesel yang mesti Anda pahami secara umum.

Kandungan Viskositas dan Detergen

Perlu Anda ketahui, oli untuk mesin diesel memiliki kandungan detergen dan viskositas yang lebih kental dan banyak jika dibandingkan dengan oli bensin. Hal ini bertujuan agar mesin mampu bertahan apabila dalam keadaan suhu tinggi. Berbeda dengan mesin bensin yang tidak memiliki suhu mesin tinggi.

Mengatasi Jelaga Atau Endapan Oli

Bahan bakar diesel yang umum adalah solar dan beberapa jenis di atasnya. Umumnya bahan bakar tersebut memiliki kandungan sulfur yang tinggi, sehingga memungkinkan untuk terjadi banyak jelaga. Oleh karena itulah, oli mesin diesel memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan jelaga atau endapan oli dengan lebih baik daripada mesin bensin.

Kemampuan Membersihkan Sisa Pembakaran

Kemudian yang terakhir adalah oli mesin diesel, memiliki kualitas yang lebih untuk menjaga dan membersihkan sisa pembakaran. Hal ini berbeda dengan oli mesin bensin yang memang tidak dibuat untuk mengatasi hal itu. Selain itu harga oli mesin mobil bensin lebih murah dibanding diesel.

Dari beberapa hal ini, bisa disimpulkan bahwa jangan sampai menggunakan oli bensin untuk mesin diesel. Begitupun sebaliknya, karena hal ini memang setiap oli memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mesin. Sehingga sangat wajar apabila terjadi kerusakan dan disfungsi oli apabila tidak digunakan pada mesin yang semestinya. Oleh karena itulah, kenali dengan baik perbedaan oli bensin dengan oli diesel secara fisik guna menghindari hal-hal yang semacam ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here