RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Memasuki musim 2019, Monster Energy Yamaha MotoGP, tim yang jadi rumah dari Valentino Rossi dan Maverick Vinales, meluncurkan YZR M1 terbaru pada 4 Februari lalu. Spesialnya, peluncurannya dilakukan di Jakarta, tepatnya di Hotel Four Seasons.

Tim yang dahulu bernama Yamaha Movistar ini, terkenal memiliki sepeda motor yang cukup kencang di lintasan lurus, meskipun agak sedikit terseok di lintasan dengan banyak belokan. Berbanding terbalik dengan rivalnya, Honda, yang memiliki kestabilan tinggi di kelokan, tetapi agak tertinggal di lintasan lurus.

Lihat Spesifikasi YZR M1 2019, Tunggangan Baru Rossi di MotoGP

Perlu diketahui bahwa YZR M1 2019 ini memiliki mesin yang lebih bertenaga dibanding M1 2018 lalu. Penasaran? Berikut adalah spesifikasi dari YZR M1 2019.

Terkenal akan tenaga besar di lintasan lurus, ternyata M1 memiliki daya maksimum yang sangat besar, lebih dari 240 Hp atau kurang lebih 176 kW

Lihat Spesifikasi YZR M1 2019, Tunggangan Baru Rossi di MotoGP

Mesin 1.000 cc yang digunakannya memiliki teknologi rahasia, sehingga tidak bisa diketahui rinciannya.

Selain mesin bertenaga tinggi, sasis dari YZR M1 terbaru menggunakan bahan yang ringan, “Aluminium Twin Tube Delta Box”. Menjaga kecepatan tinggi tanpa menambah bobot sepeda motor, hanya 157 kg, mengikuti aturan FIM.

Lihat Spesifikasi YZR M1 2019, Tunggangan Baru Rossi di MotoGP

Berlanjut ke sektor ban dan kaki-kaki. YZR M1 disokong oleh Ohlins untuk suspesi depan dan belakang, dimana suspensi depannya menganut sistem upside-down, dan suspensi belakang Pro-Link.

Untuk pengereman, Brembo dipercaya menjadi pemasok teknologi pengereman YZR M1. Menggunakan rem depan berukuran 320 mm sebanyak dua buah, dan 340 mm rem belakang, berbahan dasar karbon, sehingga bisa cepat menyesuaikan dengan suhu sirkuit.

Lihat Spesifikasi YZR M1 2019, Tunggangan Baru Rossi di MotoGP

Ban dan roda, YZR M1 menggunakan ukuran 17’, tanpa dijelaskan kembali secara detail.

Diatas adalah beberapa info mengenai YZR M1 2019 terbaru, dibawah Monster Energy Yamaha MotoGP. Sudah tidak sabar rasanya menunggu duet Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Spesifikasi Yamaha YZR M1

Tipe Mesin Four-Cylinder Inline Crossplane Crankshaft
Kapasitas Silinder 1.000 cc
Daya Maksimum 176 kW
Rangka Sepeda Motor Aluminum Twin Tube Delta Box
Ukuran Roda Depan 17’
Ukuran Roda Belakang 17’
Rem Depan Brembo 320 mm Dual Disc Brake
Rem Depan Brembo 340 mm Single Disc Brake
Suspensi Depan Ohlins Upside-Down
Suspensi Belakang Ohlins Pro-Link

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here