RAJAMOBIL.COM, Jakarta – BMW C400X, matik mewah BMW ini baru saja hadir di pasar otomotif Indonesia. Motor ini dijual dengan harga sekitar Rp 200 jutaan. Bila dilihat dar harganya, memang terbilang tinggi. Namun apa yang didapat dari membeli motor ini terbilang pantas.

Pasalnya, teknologi, mesin serta fitur yang terkandungnya terbilang nyaman untuk dikendarai. Lantas, bila disandingkan, BMW C400X belum memiliki pesaing berat di tanah air. Namun bila dilihat dari bentuknya, motor ini bersaing dengan Honda Forza yang juga skutik berbodi bongsor.

Dengan kapasitas mesin yang lebih kecil, teknologi yang tidak selengkap BMW C400X, namun Honda Forza terbilang ideal untuk dimiliki. Bila disandingkan, kedua motor ini juga memiliki beberapa persamaan, seperti desain mewah, harga yang relatif mahal, serta prestis yang didapatkan pengendara ketika mengendarai motor ini.

Lantas bagaimana bila kedua motor ini dikomparasi. Berikut ulasannya :

Desain

Honda Forza 250 memiliki bodi yang cukup gambot. Hal ini membuat Forza 250 memiliki bobot yang cukup berat.

BMW C400X vs Honda Forza 250, Persaingan Motor Harga Mahal

Desain motor yang dijual dengan harga Rp 70 jutaan ini memperlihatkan kemewahan yang berbalut jiwa petualang dari pemiliknya. Terlihat dari windshield yang cukup tinggi dan bisa diatur secara elektrik, lalu jok penumpang tinggi, serta torsi yang bisa diatur. Forza seakan adalah Goldwing versi matik.

BMW C400X vs Honda Forza 250, Persaingan Motor Harga Mahal

BMW C400X memiliki desain lebih kompak, khas produk BMW yang lebih mengedepankan keseimbangan untuk berpetualang di dua alam.

Bentuk lampu asimetris dan bodi depan yang tidak penuh membuat C400X bisa dimodifikasi sedemikian rupa. Windshield memiliki bentuk yang standar, lalu jok penumpang yang lebih tinggi, serta bodi belakang lebih ringkas. Motor ini cocok digunakan dalam jarak dekat dan jarak jauh.

Mesin

BMW C400X sesuai namanya, menggunakan mesin berkapasitas 350 cc dengan daya maksimum mencapai 25 kW pada 7.500 rpm, serta torsi 35 Nm pada 6.000 rpm. Perlu diketahui bahwa sepeda motor ini menggunakan satu buah silinder aja, sehingga tenaga bawahnya lebih kuat.

BMW C400X vs Honda Forza 250, Persaingan Motor Harga Mahal

Sementara itu, Honda Forza 250, menggunakan mesin 250 cc, sama-sama satu silinder. Daya maksimum dapat mencapai 17.3 kW pada 7.500 rpm, dan torsi 24 Nm pada 6.250 rpm. Seperti biasa, Honda selalu menggunakan teknologi PGM-FI pada setiap kendaraan roda duanya.

BMW C400X vs Honda Forza 250, Persaingan Motor Harga Mahal

Fitur

Sebagai matik dengan harga relatif mahal dan memiliki desain prestis, kedua sepeda motor ini sudah tentu memiliki berbagai macam fitur unik yang tidak ditemukan di sepeda motor matik lain.

BMW C400X vs Honda Forza 250, Persaingan Motor Harga Mahal

Honda Forza 250 memiliki fitur seperti kaca depan atau windshield yang dapat diatur. Lalu ada ‘Torque Control’ dimana pengendara Forza 250 dapat mengatur tenaga yang dikeluarkan dari motor tersebut, mengurangi resiko kecelakaan. Selanjutnya adalah lampu sen yang terhubung dengan spion yang menempel di bodi utama. Lebih terang dan lebih kokoh.

BMW C400X vs Honda Forza 250, Persaingan Motor Harga Mahal
BMW C400X vs Honda Forza 250, Persaingan Motor Harga Mahal

BMW C400X, hadir dengan bodi yang lebih kecil dan kompak. Fitur yang menemaninya juga cukup mewah, seperti ‘Keyless Ride’, dimana menyalakan C400X hanya tinggal menekan tombol saja. Lalu GPS yang sudah tersedia pada setiap pembelian C400X, tidak perlu susah untuk mengeluarkan handphone anda. Lalu ASC atau ‘Automatic Stability Control’ dengan fungsi yang mirip ‘Torque Control’.

Harga

Honda Forza 250, hadir dengan bodi yang besar, mewah, futuristik, serta fitur lengkap. Dijual dengan harga Rp 78.000.000. Cocok bagi konsumen yang sudah biasa mengendarai motor besar dengan jarak yang jauh, karena Forza 250 membutuhkan keseimbangan dan ketenangan diri pengendaranya.

BMW C400X, memanjakan mata dengan bentuk yang ringkas, dan lampu depan asimetris khas BMW. Dijual dengan harga Rp. 259.000.000 dengan status ‘Off the Road’. Cocok bagi konsumen di umur 30an dengan jiwa muda yang masih menggebu-gebu. Tenang saja, BMW juga memberikan beberapa aksesoris tambahan untuk memperkuat aura sporti dari C400X.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here