Mengulas Datsun Go+ Secara Lengkap

Mengulas Datsun Go+ Secara Lengkap

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Setelah vacum selama hampir 20 tahun lalu, Datsun kini kembali ramaikan otomotif Tanah Air dengan meluncurkan beberapa varian seperti Datsun Go+ dan Go Panca. Kedua varian ini ternyata mampu memeriahkan pasar otomotif di segmen low cost green car (LCGC).

Hanya dengan membutuhkan waktu beberapa tahun saja, Datsun kembali bangkit di pasar otomotif nasional.(baca; Nih, 5 Mobil LCGC Paling Laris di Tahun 2015).

Pada kesempatan ini Rajamobil.com akan mencoba mengulas mengenai Datsun Go+ terlebih dahulu. Datsun Go+ merupakan LCGC pertama dengan kapasitas 7 penumpang. Meskipun menyasar pada LCGC, tapi Datsun Go+ layak masuk pada segmen MPV. Hal tersebut dikarenakan, Datsun Go+  menawarkan kabin yang lapang yang sekelas dengan MPV kelas menengah.

Hadir lebih dahulu dari Datsun Panca, Datsun mengemas Go+ dengan strategi yang tepat. Datsun Go+ mampu menjawab kebutuhan pasar, dengan menghadirkan small MPV dengan kabin lapang yang memberikan sensasi berkendara lebih lega.

Eksterior

Tampil dengan eksterior menggoda Datsun Go+ mampu meraih perhatian banyak masyarakat Tanah Air. Datsun Go+ memiliki basis hatchback yang didominasi dengan konsep city car. Meskipun memiliki basis hatchback, Datsun Go+ memiliki desain eksterior lebih elegan dengan dimensi yang lebih panjang.  Secara keseluruhan, garis bodi yang dimiliki Datsun Go+ mirip dengan saudara satu pabrik yaitu Nissan Grand Livina.

Tampilan wajah Datsun Go+ menerapkan headlamp hexagonal dengan jenis halogen yang memberikan penerangan maksimal pada malam hari. Pada bagian grill, Datsun Go+ memiliki desain yang sporty dengan model honey comb yang cukup besar. Datsun Go+ memberikan tampilan yang dinamis melalui lekukan body  pada bagian samping hingga ke belakang yang dibuat dengan konsep landai. Pada bagian belakang, Datsun Go+ dipermanis dengan adanya roof spoiler.

Interior

Masuk  ke dalam kabin, Datsun Go+ mengusung konsep minimalis. Sekilas pada desain dashboard memiliki lekuk dan bentuk yang mirip dengan dashboard Nissan March. Konsep minimalis terlihat pada panel-panel di dalamnya yang tidak terlalu banyak, namun maksimal dan mudah untuk dimengerti setiap panelnya.

Panel yang terdapat pada Datsun Go+ meliputi Audio System, panel ac, dan tombol hazard yang berdekatan.  Pada bagian kabin kemudi, panel instrument minimalis juga diterapkan dan hanya ada satu lingkaran yang memberikan informasi mengenai kecepatan kendaraan. Meskipun memiliki panel instrumen yang minimalis, instrument tersebut cukup informatif untuk memberikan informasi mengenai mobil ini.

Kabin cukup luas dengan layout yang maksimal, yaitu pada baris pertama jok Datsun Go+ menyambung antara pengemudi dan penumpang depan. Hal yang membuat lega yaitu letak perseneling dan handbrake berada satu layout dengan dashboard.

Mesin

Membahas dapur pacu, Datsun Go+ menggunakan mesin yang sama dengan Datsun Panca yaitu berkapasitas 1.2 liter berkode HR12DE. Mesin berkapasitas 1.200 cc menggunakan 3 silinder DOHC mampu memuntahkan tenaga sebesar 50 KW pada putaran mesin 6.000 Rpm dan torsi pada 104 Nm diputaran 4.000 Rpm.

Datsun Go+ menggunakan sistem pembakaran injection sehingga mobil diklaim mampu menghasilkan bahan bakar yang lebih efisien.

Fitur Keselamatan

Meski memiliki harga yang murah, Datsun tidak main-main dalam membenamkan fitur keselamatan untuk Datsun Go+. Datsun Go+ dibenamkan fitur Driver-Side airbag ditambah dengan seatbelt pretensioner yang berada disemua tipe. Datsun Go+ melengkapi semua kursi dengan seatbelt sehingga memberikan rasa aman dan keselamatan tinggi.[yog].

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here