Mengupas ‘Jeroan’ Toyota FT 86

RAJAMOBIL.COM. Jakarta – Hachiroku yang berarti 86 merupakan mobil sport yang dipasarkan oleh Toyota. Di Indonesia mobil Toyota ini dikenal dengan nama FT 86. Kehadiran Toyota FT 86 memberikan warna baru di segmen mobil sport.

Berbeda dengan AE86, Toyota FT 86 tidak masuk ke dalam keluarga Corolla. Toyota menggandeng Subaru dan Scion untuk memproduksi FT 86, tentunya untuk di Subaru dan Scion memiliki nama yang berbeda. FT 86 memiliki desain yang agresif dengan tampilan desain lampu yang tajam dan tegas. Pada dapur pacu mobil ini diperkuat dengan mesin Boxer berkubikasi 2.0 liter Naturally Aspirated.

Mesin yang memperkuat FT 86 merupakan pengembangan bersama antara Toyota dan Subaru. Mesin berkode 4U-GSE dilengkapi dengan teknologi D-4S. Untuk lebih jelasnya, kali ini Rajamobil.com akan mengulas spesifikasi Toyota FT 86 lebih mendalam.

Eksterior

Toyota FT 86 diberikan desain yang sangat kental dengan aura sporty dan lekukan tajam khas Jepang. Pada tampilan wajah, FT 86 memiliki desain lampu yang tajam dengan projector headlamp dan daytime-running light yang dibentuk seperti alis. Desain tersebut dipadukan dengan desain bumper yang agresif dan desain foglamp berbentuk segitiga.

Mengupas 'Jeroan' Toyota FT 86

Pada bagian samping terlihat lekukan pada vender depan dan belakang yang serasi dan seksi. Pada bagian vender depan juga disematkan lambang 86 dengan aksen piston sejajar yang melambangkan mesin Boxer. FT 86 juga dilengkapi dengan velg berdiameter 17 inch PCD 5×100 dengan perpaduan dua warna yaitu black dan chrome.

Mengupas 'Jeroan' Toyota FT 86

Berpindah pada bagian belakang, desain buritan yang seksi sangat ditonjolkan guna memiliki kesan eyecatching. Lampu belakang didesain mirip dengan model depan yaitu lingkaran dengan persegi yang menyatu dan tidak terlalu panjang. Untuk tipe TRD terdapat spoiler yang tidak terlalu besar, dan untuk tipe Aero disematkan spoiler yang besar dan bodi kit guna mengentalkan aura sporty.

 Mengupas 'Jeroan' Toyota FT 86

Interior

Masuk ke dalam interior, aura sporty sangat kental dengan perpaduan warna hitam dan merah. Interior didesain agresif yang memberikan pengalaman berbeda saat mengemudikannya. Pada dahsboard terhias aksen carbon dengan bahan berkualitas tinggi yang didukung layar entertainment dengan teknologi Andrioid berukuran 7 inci.

Mengupas 'Jeroan' Toyota FT 86

Toyota menyematkan panel-panel informatif, seperti sensor airbag pada dashboard, kemudian panel AC digital yang didesain sporty. Untuk mengubah pengaturan AC, tombol-tombol AC didesain seperti mobil balap. Terdapat steering wheels dibagian kemudi yang didesain special dengan embos 86 pada bagian tengah.

Mengupas 'Jeroan' Toyota FT 86

Perpaduan combination meter yang sangat sporty. Terdapat tiga buah lingkaran, pada sisi kiri terdapat instrumen speedometer pada bagian tengah menginformasikan putaran mesin, dan pada bagian sebelah kiri terdapat instrumen temperatur mesin dan bensin. Tak sampai disitu, kesan sporty sangat kental berkat semi bucket seat yang tersematkan didalamnya. Sayangnya, belum dilengkapi dengan electric seat.

Mengupas 'Jeroan' Toyota FT 86

Pada center console terdapat tuas perseneling  otomatis atau manual. Untuk transmisi otomatis sudah dilengkapi dengan triptonic dan paddle shift. FT 86 sudah dilengkapi dengan mode sport dan snow, traction control, dan VSC sport. Kabin FT 86 cukup luas untuk dua penumpang, dan untuk kabin belakang memiliki legroom yang tidak cukup luas untuk dewasa. Sebab, mobil ini memang didesain untuk mobil sport.

Mesin dan Sasis

Toyota FT 86 disematkan mesin berkapasitas 2.0 liter dengan mesin Boxer D-4S. Urusan mesin, FT 86 memiliki tenaga yang cukup besar dikelasnya. Mesin Boxer berkode 4U-GSE memiliki diameter cukup unik yaitu 86×86. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 200 Hp dan torsi 205 kgm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan manual dan otomatis.

Mengupas 'Jeroan' Toyota FT 86

Mesin bertenaga besar dilengkapi dengan sasis yang mumpuni dengan pengendalian Superb. Ini merupakan salah satu nyawa yang dimiliki FT 86. Untuk itu FT 86 mampu menikung dengan tajam dan tetap stabil pada kecepatan tinggi. Bahkan sasis FT 86 dibangun untuk memberikan efek joy behind the wheel. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here