Toyota 86 Vs Subaru BRZ, Anda Pilih Mana?

Carscoops

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Dua mobil sport entry level kembar, Toyota 86 dan Subaru BRZ, sama-sama baru mengalami facelift. Kalau disuruh memilih, Anda suka yang mana?

Karena dikembangkan bersama, maka segala ubahan yang dilakukan terhadap kedua model sport racikan Jepang ini juga nyaris sama. Perbedaan di antara keduanya hanyalah yang bersifat kosmetik, seperti aero kit dan perlengkapan penunjang kenyamanan.

Terlebih, baik Toyota 86 maupun Subaru BRZ menggunakan bodi yang sama, juga transmisi, platform dan mesin yang tak ada perbedaan sedikitpun.

Nah, kini mungkin Anda sedikit bingung untuk memilih jika berkaitan dengan setelan suspensi dan pengemudian.

Untuk membedakan kedua mobil sport berpenggerak roda belakang ini, Anda memang harus menjajalnya langsung. Tapi sebelum Anda duduk di balik kemudi, ada baiknya Anda melihat lebih seksama foto keduanya.

Dari foto yang dilansir Carscoops, kita dapat melihat bahwa secara tampilan, wajah Subaru BRZ model 2017 sedikit lebih ‘matang’ dibandingkan dengan Toyota 86 yang tampak lebih ‘muda’.

Secara detail, kita akan melihat beberapa perbedaan signifikan, seperti lampu utama, kemudian fender vent pada Toyota 86 berjumlah dua, sementara Subaru BRZ hanya satu. Selain itu, BRZ mengadopsi boot spoiler berbahan aluminium sebagai peranti standar.

Giliran melongok bagian kabin, kita kembali disuguhi desain interior yang sama. Yang berbeda hanyalah desain trim, fitur standar dan tambahan, warna, emblem, sistem hiburan dan grafis panel instrumen.

Berbicara soal klaster instrumen, meski tak terpampang gambarnya, BRZ memiliki layar 4.2-in LCD multifungsi pada sisi kanan. Fitur ini hanya tersedia pada tipe Limited, yang mungkin juga berlaku pada Toyota.

Ubahan cukup signifikan yang diterapkan terhadap BRZ dan 86 termasuk perbaikan pada sasis, juga penambahan tenaga mesin sebesar 5 Hp dan torsi 5 lb-ft, dengan girboks manual 6 percepatan.

Racikan itu menghasilkan tenaga sebesar 205 Hp dan torsi 156 lb-ft. Sementara untuk varian matik tenaga dan torsinya sama dengan versi lawas, yakni masing-masing sebesar 200 Hp dan 151 lb-ft. Kedua model sport dua pintu ini juga mengalami perubahan desain lingkar kemudi dan pembaruan pada sejumlah tombol kendali.

Kini saatnya Anda memutuskan, mau pilih Toyota 86 atau Subaru BRZ? [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here