Spesifikasi dan Harga Toyota Grand New Veloz

Dok TAM

RAJAMOBIL.COM, Spesifikasi dan Harga Toyota Grand New Veloz, Jakarta – Bagi Anda yang tertarik dengan LMPV ‘sejuta umat’ Toyota Avanza, namun ingin sesuatu yang lebih, mungkin Toyota Grand New Veloz dapat jadi pilihan. Kenapa? Sebab model ini merupakan varian yang tertinggi dari Avanza.

Sebelumnya Rajamobil telah mengulas pembahasan mengenai Toyota Grand New Avanza. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas keunggulan yang ada dari Toyota Grand New Veloz.

Ya, jika sebelumnya nama Veloz tersemat pada Avanza, kali ini PT Toyota Astra Motors (TAM) memisahkan model Avanza dan Veloz. Avanza Veloz pertama kali dilahirkan TAM di tahun 2011, sementara arti kata yang digunakan TAM pada Veloz ialah Velocity yang artinya kecepatan.

Veloz jadi varian tertinggi pada Avanza, namun pada 12 April 2015, Toyota akhrinya memisahkan keduanya dengan mengusung nama Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Seperti artinya, Grand New Avanza Veloz hadir dengan desain yang lebih sangar dan elegan serta mengusung mesin yang lebih besar ketimbang Grand New Avanza.

Perbedaan terlihat di bagian moncong Grand New Veloz yang kini menggunakan fascia dan grill berbeda dengan model sebelumnya. Selain itu terdapat pula berbagai perbedaan mulai dari fitur dan mesin, seperti apa spesifikasi Grand New Veloz? Simak ulasannya berikut ini:

Eksterior Elegan dan Sporty

Dok TAM
Dok TAM

Dilihat dari sisi eksterior, Grand New Veloz terlihat lebih berkarakter. Hal tersebut terlihat dari desain grill yang stylish oleh Toyota. Desain front grill bewarna gelap dan kini lebih segar ditambah lapisan krom di bagian sisinya.

Grand New Veloz hadir dimesin yang sedikit lebih bongsor dibanding Grand New Avanza. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.190, lebar 1,660 dan tinggi 1,695 mm.

Dok TAM
Dok TAM

Pada bagian penerangannya, terdapat new projector headlamp design yang menghadirkan kombinasi projector headlamp dengan desain yang sporty dan dinamis. Bagian penerangan juga ditambah fog lamp yang didesain bulat pada bagian front bumper.

Dok TAMDok TAM

Toyota juga mengusung nuansa desain Keen Look pada Grand New Veloz, sama seperti Avanza. Namun, pada bagian samping berbeda dengan Avanza, pada Grand New Veloz tidak terdapat Side Body Molding dan aksen molding namun tetap menampilkan kesan mewah pada sisi samping mobil ini.

Ukuran ban Grand New Veloz menggunakan velg berukuran 15 inci dengan ukuran ban 185/65 R15 dan desain velg baru yang terihat lebih sporty. Dibagian buritan, mobil ini hadir dengan new smooting panel, panel bodi baru yang lebih terlihat halus dengan berbagai lekukan dan mempertegas kesan sporty pada mobil ini.

Dok TAM
Dok TAM

Pada bagian lampu, dibuat berdesain vertikal dan kini terdapat New Smoothing Panel dan dilengkapi dengan rear reflector yang lebih efektir memantulkan cahaya saat malam hari dan juga stop lamp baru.

Selain itu terdapat pula new rear spoiler with high mount stop lamp dan new rear license garnish. Dengan adanya desain baru ini mempercantik bagian belakang Grand New Veloz dan ditambah list krom di beberapa bagiannya.

Interior Mewah Serta Nyaman

Masuk kebagian kabin Grand New Veloz, Toyota mendesainnya secara elegan baik di bagian depan sampai ke bangku baris ketiga. Multi Perpose Vehicle (MPV) berkapasitas 7 penumpang ini mengusung warna gelap pada bagian kabinnya.

Dok TAM
Dok TAM

Hal tersebut sejalan dengan tema yang diusung Toyota, new black tone dashboard panel design pada bagian dalam Grand New Veloz. Warna dan desain dashboard menjadikan tampilan mobil ini terlihat mewah dan stylish.

Pada bagian tengah dashboard, tersemat sistem hiburan yang terpusat pada layar sentuh berukuran 6,1 inci serta dapat terhubung dengan CD, DVD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth & iPod ready.

Veloz 11

Pada bagian kemudi, Toyota hadirkan desain yang stylish dan ergonomis dan adanya swith steering yang berfungsi untuk mengntrol kendaraan serts sistem audionya. Selain itu pada bagian tuas transmisi juga hadir dengan new shift knob design.

Dok TAM
Dok TAM

Di bagian cluster meter juga kini terdapat lampu indikator yang terintegrasi pada panel speedometer. Hal tersebut dapat memberikan informasi kepada pengemudi terkait infomasi yang dibutuhkan terkait kecepatan dan bahan bakar akan lebih efisien dan maksimal.

Terdapat juga New Amber Color Combimeter Design yang dapat memberikan informasi secara jelas kepada pengemudi. Pada bagian power window panel juga hadir dengan desain baru.

Dok TAM
Dok TAM

Untuk kenyamanan, Toyota menghadirkan bahan berkualitas dan nyaman untuk melakukan perjalanan baik jarak dekat maupun jauh. Selain itu, dibagian baris kedua telah dilengkapi dengan one touch tumble yang memudahkan pengguna untuk mengatur kenyamanan posisi kursi ataupun menutup kursi untuk menjangkau kursi bagian baris ketiga.

Dok TAM
Dok TAM

Selain itu Toyota juga menyematkan recleaning system yang memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri kenyamanan kursinya. Grand New Toyota Avanza pun juga telah mengadaptasi teknologi Cabin Quitness yang akan meningkatkan kesenyapan kabin dan memastikan Anda tak akan terganggu oleh suara bising di luar.

Bangku baris ketiga juga dapat diatur, 50:50 holding. Jadi jika anda bepergian dengan banyak barang, bangku baris ketiga dapat dilipat dan memberikan banyak ruang dibagian bagasi.

Fitur Keamanan yang Memberikan Rasa Aman dan Nyaman

Berbagai fitur keamanan dihadirkan Toyota pada Grand New Veloz. Di antaranya ialah di bagian depan yang dilengkapi dengan seatbelt with pretesioner & force limeter. Fitur ini dapat mencegah cidera fatal apabila mobil mengalami benturan keras. Untuk itu dilengkapi pula dengan SRS Airbag.

Dok TAM
Dok TAM

Untuk memberikan rasa nyaman, Toyota sematkan sistem suspensi yang menggunakan MacPherson Strut pada bagian depan. Sementara dibagian belakang gunakan per koil dan untuk sistem pengereman Toyota menggunakan rem cakram untuk bagian depan, serta rem model drum pada bagian belakang.

Dok TAM
Dok TAM

Adanya fitur front passanger seat belt warning memberikan rasa aman bagi penumpang, sebab fitur ini memberikan peringatan kepada penumpang terkait pentingnya menggukan sabuk pengaman. Untuk fitur keamanan lainnya ialah adanya 3 point seat belt dibagian kursi penumpang baris kedua.

Dok TAM
Dok TAM

Untuk memberikan rasa aman bagi penumpang depan, Toyota juga menyematkan front passaner seat belt warning. Fitur ini berfungsi memberikan peringatan apabila penumpang bagian depan tidak menggunakan sabuk keselamatan sejak awal berkendara.

Terdapat pula sistem pengereman ABS (Anti Block System) yang mendukung sistem pengereman dimana saat cakram bekerja tidak bakal mengunci. Fitur lainnya ialah Electric Power Steering dan ditambah adanya steering gear Rock & Pinion.

Bila anda berkendara dengan anak kecil, terdapat pula isofix, yakni fitur keselamatan standart internasional untuk keamanan optimal pemasangan kursi anak.

Mesin Lebih Sangar dengan Transmisi 5 Percepatan

Dok TAM
Dok TAM

Di bagian dapur pacu, Grand New Veloz hadir dengan menggunakan mesin DOHC 4 silinder 16-valve yang tersedia dalam dua tipe, yaitu 1.3L dan 1.5L. Mesin tersebut didukung dengan teknologi Dual Variable Valver Timing with Intelligent (Dual VVT-i).

Meski sama seperti Grand New Avanza, namun performa yang dihasilkan Grand New Veloz lebih besar. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 96,5 PS pada putaran 6.000 rpm.

Didukung dengan transmisi 5 percepatan, mobil ini dilengkapi dengan teknologi EFI atau injeksi pada mesin Grand New Veloz. Hal ini untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakarnya.

Sebagai mobil keluarga, mesin yang digunakan Grand New Veloz ideal digunakan baik diperkotaan maupun melakukan perjalanan sedikit jauh ke luar kota. Sistem pembakaran yang digunakan ialah EFI dengan kapasitas tangki hingga 45 liter.

Spesifikasi Grand New Avanza:

Jenis Mobil : Low MPV.
Transmisi : 5 Speed M/T.
Tipe Mesin : IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i
Max. Tenaga : 96.5 / 6,000 rpm.
Max. Torsi : 12,3 Kg.m @ 4,200 rpm.
Dimensi (PXLXT) : 4.200 mm x 1.660 mm x 1.695 mm.
Wheelbase : 2.655 mm.
Ukuran Ban : 185/65 R15.
Ground Clearence : 200.
Suspensi Depan : Macpherson Strut with Coil Spring.
Suspensi Belakang : 4 Link Lateral Rod with Coil Spring
Kapasitas Tangki : 45 Liter.
Jenis Bahan Bakar : Bensin.
Harga : Rp185,2 juta s/d Rp214,6 juta.
Steering (Power Steering) : with (Electric Power Steering)

Berikut Daftar Harga Lengkap Grand New Veloz

  1. Type 1.3 Veloz M/T Rp. 207.800.000.
  2. Type 1.3 Veloz A/T Rp. 219.600.000.
  3. Type 1.5 Veloz M/T Rp. 218.700.000.
  4. Type 1.5 Veloz A/T Rp. 230.500.000. [yog]

Segera dapatkan penawaran menarik mobil Toyota. Klik disini!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Spesifikasi dan Harga Toyota Grand New Veloz
Author Rating
41star1star1star1stargray

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here