Ini Spesifikasi Kemewahan Truk Mercedes New Actros

Mercedes-Benz

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Mercedes-Benz memiliki produk angkutan berat truk bernama Actros. Apa saja keunggulan truk ini?

Pabrikan mobil mewah asal Jerman ini dikenal sebagai penghasil kendaraan dengan performa mumpuni serta tingkat kenyamanan dan keamanan tinggi, termasuk untuk produk truk berat.

Actros diandalkan Mercedes-Benz untuk melayani kebutuhan angkutan barang dan industri lainnya dengan kemampuan ciamik. Dan yang yang menjadi keunggulan dari New Actros, menurut Mercedes-Benz melalui laman resminya, adalah kenyamanan, efisien dan pengemudian dinamis.

Dari penampakan wajahnya, New Actros memiliki tampilan mengesankan, mulai dari apron depan dan gril radiator hingga bagian atap. Tapi tak cuma modal tampang, New Actros juga dirancang khusus untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Ini tentu cocok untuk angkutan barang atau kargo lintas provinsi atau lintas pulau seperti di Indonesia.

Hebatnya, ruang kabin seperti dipisahkan menjadi tiga area sekaligus, yaitu sebagai tempat kerja, tempat santai dan tempat beristirahat (tidur). Mercedes menyebut konsep ini sangat cocok untuk angkutan barang jarak jauh, yang menuntut konsentrasi tinggi bagi pengemudinya.

Dengan lebar kabin 2.500 mm dengan lantai bertingkat, Actros menyediakan ruang di atas kepala pengemudi sangat lega. Layout kabin ini bisa disesuaikan dengan peruntukannya, karena ada juga varian yang memiliki lebar kabin 2.300 mm.

Di sini, racikan Mercedes untuk layout kabin patut diacungi jempol. Bayangkan, kokpit dirancang sangat nyaman bagi pengemudi, dengan dashboard dan panel instrumen menghadap ke pengemudi, sehingga memudahkan pengemudi mengendalikan beragam fitur.

Di samping kokpit tersedia tempat duduk untuk bersantai sambil menyeruput kopi layaknya ruang kantor, karena di situ juga ada meja kecil untuk meletakkan makanan, minuman atau bahkan laptop. Tempat duduknya juga dapat diatur sehingga nyaman digunakan untuk bersantai setelah mengarungi perjalanan panjang.

Jika pengemudi sudah selesai peregangan atau bersantai dan ingin beristirahat, tersedia ruang tidur di kabin belakang. Ini penting untuk mengembalikan kebugaran sebelum melanjutkan perjalanan lagi.

Sementara itu, diklaim sebagai truk yang ekonomis, Mercedes melengkapi New Actros dengan beragam fitur inovatif dan teknologi untuk mengirit bahan bakar, dan tentu saja mesin yang mumpuni. Untuk Actros tipe Euro V memiliki tingkat konsumsi BBM hingga 7 persen lebih rendah ketimbang model pendahulunya. Selain model Euro V dan EEV, New Actros diklaim sebagai salah satu kendaraan pertama yang memenuhi standar emisi Euro VI.

Sebagai catatan, Actros EEV adalah truk dengan dapur pacu bertenaga listrik, yang hanya tersedia dalam tiga varian, yakni 310 kW, 330 kW dan 375 kW.

Untuk membuat New Actros nyaman dikendarai, Mercedes menyematkan as roda belakang 4 x 2 model baru, kemudian juga ada sistem kemudi yang memiliki respons presisi, ditambah dengan kerangka yang lebih lebar dan kokoh.

Dari sisi dapur pacu, New Actros tersedia dalam empat pilihan kapasitas mesin, dengan total 16 kategori tenaga mulai dari 175 kW hingga 460 kW. Tenaga itu disalurkan via transmisi otomatis Mercedes PowerShift 3, yang ditunjang program pengemudian tambahan guna mengejar kenyamanan berkendara.

Ada dua pilihan untuk New Actros berdasarkan pada kebutuhannya. Bila membutuhkan truk untuk muatan berat, pilihannya adalah New Actros Loader, sedangkan untuk mengangkut barang dengan volume besar, lebih pas dengan New Actros Volumer. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here