Toyota Prius Prime Bakal Adopsi 5 Tempat Duduk

Toyota

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Tingkat efisiensi bahan bakar menjadi perhatian utama Toyota untuk model plug-in hybrid terbarunya, Prius Prime. Untuk itulah mengapa Prius anyar ini hanya punya empat tempat duduk.

Tapi demi menjaring lebih banyak pembeli, terutama keluarga kecil yang memiliki anak, kapasitas tempat duduk lima orang tampaknya lebih ideal ketimbang hanya empat tempat duduk. Dari sinilah kemudian Toyota mempertimbangkan untuk melahirkan varian Prius Prime dengan lima tempat duduk.

Nathan Kokes, brand manager Toyota untuk bidang teknologi, pernah mengatakan kepada Autoblog pada April lalu bahwa Prius Prime memang dirancang hanya memiliki empat duduk demi mengejar efisiensi.

Selain itu, jika di belakang menampung tempat duduk untuk tiga orang, menurut Kokes, mobil tersebut butuh material yang lebih kuat untuk menahan beban dan juga charger 3.3-kW juga harus diletakkan di tempat lain.

Namun demikian, perubahan kapasitas tempat duduk masih cukup terbuka bagi Prius Prime. Hal itu ditegaskan sendiri oleh chief engineer untuk Prius dan Prius Prime, Koji Toshiyama.

Di sela pengujian Prius Prime pra produksi, Toshiyama menegaskan pihaknya saat ini tengah melakukan kajian dan persiapan untuk memperluas area belakang untuk menampung tiga tempat duduk.

Tetapi Toshiyama tidak bersedia mengungkapkan secara detail kapan peluncuran Prius Prime dengan lima tempat duduk itu dilakukan. Tapi yang jelas sudah ada gambaran bahwa mereka yang menginginkan Prius Prime lima tempat duduk tak perlu risau lagi, karea model tersebut sudah pasti hadir di pasar.

Dibandingkan dengan Prius plug-in hybrid model lawas, Prius Prime memiliki dimensi lebih panjang, lebih lebar dan lebih rendah. Prius Prime juga memiliki ruang bagasi lebih luas dan tingkat pengemudian lebih baik. Untuk meningkatkan efisiensi, Prius Prime juga dilengkapi dengan penutup gril otomatis dan sejumlah elemen berbahan serat karbon ringan agar tingkat hambatan angin (coefficient of drag) lebih rendah.

Untuk dapur pacunya, all-new Toyota Prius Prime Plug-in Hybrid tetap mengusung mesin yang sama, yakni 1.8-liter Atkinson empat silinder, yang sudah mengalami modifikasi. Kapasitas baterai untuk Prius Prime juga lebih besar. Dengan baterai terisi penuh dan tangki bahan bakar terisi penuh, maka Prius Prime dapat meluncur sejauh 600 mil (965,606 km) dan tingkat efisiensi bahan bakar mencapai rata-rata 51 km untuk seliter bensin. Sementara jika hanya menggunakan motor listrik, Prius Prime dapat melaju sejauh 35,4 km dan kecepatan puncaknya adalah 136,7 km/jam.

Bagi keluarga yang sibuk, Prius Prime juga dinilai cocok, karena untuk mengisi baterai hingga pebuh hanya butuh waktu sekitar 5,5 jam dengan memanfaatkan colokan listrik di rumah dengan voltase 120 volt. Sementara jika voltase di rumah sudah 240 volt, waktu pengisian baterai dipangkas menjadi separuhnya.

Tak cuma itu, sejumla teknologi terkini juga dibenamkan pada All New Toyota Prius Prime, seperti Toyota Entune Premium JBL Audio system dan juga Toyota Safety Sense P package untuk mencegah terjadinya kecelakaan. [yog]

Dapatkan penawaran jajaran unit toyota . klik disini

3 KOMENTAR

  1. wah makin mantab aja nih sedan tapi muat 5 orang apalagi di tunjang sama fitur yg mumpuni perfomanya ane rasa juga boleh di adu sama yg lain

  2. dengan mengadopsi 5 tempat duduk memang akan maksimal desaign dari prius ini slain bisa untuk kluarga juga bisa untuk kebut kebutan

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here