Mercedes Buat Terobosan Baru Bikin Komponen Truk

ist

RAJAMOBIL.COM, Stuttgart – Mercedes-Benz memperkenalkan cara baru pembuatan komponen truk dengan cara cetak tiga dimensi (3D printing) dengan mengandalkan material plastik berkuaitas tinggi.

Pada akhir tahun ini, Mercedes menyediakan 30 komponen asli yang siap dipesan dan dipasok ke seluruh jaringan distributor, yang dihasilkan hanya dengan menekan tombol di alat pencetak 3D.

“Dalam upaya mempertahankan janji kami, yakni ‘Trucks you can trust’, kami menerapkan acuan untuk daya tahan, fungsionalitas, kehandalan dan efisiensi untuk komponen yang diproduksi secara 3D, sama seperti yang dilakukan melalui proses produksi konvensional,” kata Andreas Deuschle, kepala pemasaran dan operasional di Divisi Customer Services and Parts Mercedes-Benz Trucks, seperti dilansir futurism.

Menurut Deuschle, komponen atau suku cadang yang tersedia terbuat dari bahan plastik, yang meliputi paket aerodinamika, penutup per keong, saluran udara dan kabel, klem, mounting dan beragam elemen kontrol. Meski berbahan plastik, tapi Mercedes menjamin komponen-komponen itu memiliki kualitas tinggi dan semuanya melalui proses cetak 3D.

Pencetakan komponen itu menggunakan mesin cetak 3D canggih yang berbasiskan pada proses pencetakan Selective Laser Sintering (SLS).

Deuschle menyebutkan bahwa setiap suku cadang 3D dapat dipesan konsumen dengan menggunakan nomor komponen khusus yang terekam dalam daftar kode pemesanan dan katalog suku cadang di Mercedes-Benz Trucks.

Keuntungan dari sistem anyar ini adalah dapat memastikan ketersediaan komponen atau sukucadang bagi kendaraan yang bahkan sudah tak lagi diproduksi atau model yang volume penjualannya rendah. [yog]

Tertarik dengan jajaran mobil Mercedes-Benz? Segera isi data penawaran berikut ini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here