Beginikah Tampang Pick-up Listrik Tesla?

Truck Trend

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Tesla sudah ramai diperbincangkan dengan rencana melahirkan sejumlah model di hampir setiap segmen, salah satunya adalah pickup, yang juga bertenaga listrik tentunya.

Banyak kalangan penasaran dengan rencana Tesla itu, terutama mengenai bentuk pickup listriknya, yang notabene adalah segmen gemuk di pasar otomotif Amerika Serikat. Sebelum Tesla benar-benar merilis sketsa ataupun gambar render seputar pickup listriknya, kini sudah muncul spekulasi mengenai wujud pick-up tanpa BBM tersebut. Seperti apa?

Adalah Truck Trend yang memunculkan spekulasi tersebut dan menyatakan pickup lansiran Tesla itu akan diberi nama Model U. Huruf U di sini mengacu pada “utility.” Spekulasi itu boleh jadi benar karena sebelumnya muncul pengumuman dari Tesla bahwa untuk model crossover akan dinamai Model Y. Ini juga sesuai dengan nomenklatur Tesla, yang dieja sebagai “U S3XY.”

Dari gambar render yang dirilis Truck Trend, terlihat pick-up bermerek Tesla ini memiliki bodi seukuran pickup medium semacam Toyota Tacoma, Ford Ranger atau Chevrolet Trailblazer.

Pickup Tesla ini akan unik dan berbeda dengan pick-up bermesin konvensional kebanyakan yang memiliki ruang untuk memuat barang di bak belakang. Untuk pick-up Tesla, selain memiliki bak untuk barang, bagian bonnet atau moncongnya juga berfungsi sebagai bagasi, karena memang tak berisi mesin konvensional.

Selain untuk ruang bagasi seperti pada sedan Tesla Model S, bagasi depan ini juga memiliki beragam colokan listrik 12V dan 120V. Tak hanya itu, ruangan ini juga meletakkan barang-barang basah atau kotor, karena terdapat alat pengering untuk memudahkan untuk membersihkan dan pengeringan.

Karena Model U tidak membutuhkan batang penggerak roda (driveshaft), karena menggunakan in-wheel motor atau motor penggerak yang diletakkan pada as roda, maka bak belakang memiliki kedalaman lebih dibandingkan dengan pick-up konvensional. Di bak ini juga terdapat banyak colokan listrik kompresor udara untuk meniup debu atau memompa ban.

Truck Trend memperkirakan Model U akan menawarkan tenaga dan torsi seperti yang dimiliki pickup bongsor bermesin diesel yang beredar saat ini, yaitu dengan torsi sekitar 900 lb-ft. Kemampuan derek sekitar 4.500-an kilogram, dan akselerasi dari 0-100 km/jam sekitar 5 detik. Untuk harganya diperkirakan mulai dari $60.000 (Rp786,9 juta) untuk versi terbawah dan $150.000 (Rp1,9 miliar) untuk versi teratas. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here