Mengulas Spesifikasi dan Performa Nissan Kicks

Nissan

RAJAMOBIL.COM, London – Di segmen SUV kompak, Nissan memiliki produk baru bernama Kicks. Bagaimana performa dan spesifikasinya?

Rencananya, Kicks akan segera dipasarkan Nissan di sekitar 80 negara di dunia. Belum tahu apakah Indonesia masuk dalam daftar pasar yang akan mendapat jatah Kicks?

Tapi sambil menunggu dan berdoa bila Anda menginginkan model ini masuk ke Tanah Air, Anda bisa menyimak hasil pengujian yang dilakukan Autocar belum lama ini.

Di Inggris, Nissan Kicks diposisikan di bawah sejumlah model SUV/crossover populer pabrikan mobil Jepang itu, seperti Juke, Qashqai dan X-trail.

Eksterior

Nissan
Nissan

Crossover yang menggunakan V-platform seperti layaknya March dan sedan Sunny ini, memiliki panjang 4.295mm, tinggi 1.760mm dan lebar 1.590mm.

Dibandingkan dengan Juke, desain Kicks lebih mainstream namun modern. Berbeda dengan Juke yang mengadopsi desain ‘nyeleneh’, terutama desain dan posisi lampu utama, Kicks menggunakan desain lampu utama biasa layaknya mobil kebanyakan.

Sementara desain gril depan mengacu pada desain V motion yang menjadi ciri khas Nissan untuk sejumlah model terbaru. Garis-garis tegas mendominasi desain Kicks, terutama pada bagian fascia depan, seperti pada gril atas dan ventilasi udara bawah serta rumah lampu kabut beserta lampu kabutnya yang berbentuk persegi panjang.

Kesan kokoh terpancar dari bentuk spakbor yang menggembung dan bodi tengah yang agak masuk ke dalam, terutama pada bagian bawah pintu dan mengarah keluar menjelang bagian lantai.

Dari samping, terlihat bagian atap seolah terbang. Hal itu dikarenakan pilar C yang berwarna hitam, sehingga mengesankan kaca jendela menyambung hingga kaca belakang.

Untuk bagian belakang, ada sedikit mirip dengan Juke, utamanya pada pintu bagasinya. Sedangkan desain lampu belakang ala bumerang, kini lebih mirip punya Toyota Yaris. Bila pada Juke, handel pintu kedua ditempatkan di pilar, untuk Kicks sudah seperti mobil kebanyakan, yakni di bawah jendela.

Interior

Nissan
Nissan

Kesan modern langsung terpancar ketika memasuki kabin Kicks. Dashboard yang mengadopsi dua warna, terbuat dari material berkelas, sehingga halus dan lembut saat disentuh.

Makin apik berkat perpaduan aksen warna perak berbahan aluminium pada door trim dan krom pada handel pintu.

Layar besar di tengah dashboard dapat menampilkan beragam informasi dan hiburan serta navigasi. Untuk lubang AC di samping masih mengacu pada desain bulat seperti pada sejumlah model Nissan lainnya. Sedangkan lubang AC di tengah berbentuk persegi panjang dan diletakkan di atas layar infotaintment.

Lingkar kemudi memiliki desain baru dan memuat sejumlah tombol untuk mengendalika audio dan cruise control. Panel untuk climate control terletak di bawah layar infotaintment dan memiliki display sendiri. Untuk Kicks versi atas dilengkapi dengan fitur push-button start.

Meski masuk sebagai kategori crossover kompak, tapi kabin Kicks cukup lega, baik untuk ruang kepala maupun kaki dan bagasi.

Dapur pacu

Kicks memiliki gen kuat sebagai crossover dan sistem geraknya hanyalah penggerak roda depan. Mesin yang digendong berkapasitas 1.6-liter bensin bertenaga 113-118 Hp, tergantung negara tujuannya. Mesin ini cukup responsif, dengan akselerasi dari diam menuju kecepatan 100km/jam dalam waktu 12 detik.

Untuk transmisi ditawarkan manual 5 percepatan atau CVT. Sementara di sejumlah negara, seperti India, Kicks bisa saja ditawarkan dengan mesin diesel 1.5-liter K9K dCi.

Kicks juga dilengkapi dengan sejumlah teknologi terkini, misalnya Active Ride Control, yang fungsinya mirip dengan adaptive damper, meski sebenarnya tak menggunakan adaptive damper.

Namun demikian, Kicks menggunakan rem individual untuk mencegah bodi terguncang keras ketika melewati polisi tidur atau jalan bergelombang. Dengan demikian, bodi tetap terkendali dengan baik dengan tingkat bantingan suspensi yang rendah.

Secara keseluruhan, kualitas pengendalian Kicks lumayan baik. Gejala limbung hanya sedikit terasa dan kendali bodi secara umum baik. [yog]

Tertarik dengan jajaran mobil Nissan? Dapatkan penawaran menarik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here