Hypercar Mercedes-AMG Bakal Usung Mesin F1

Mercedes-Benz

RAJAMOBIL.COM, Stuttgart – Mesin Mercedes-Benz di ajang balap Formula 1 diakui sangat digdaya. Racikan ini kabarnya akan dicangkokkan pada hypercar Mercedes AMG, yang akan dipadu dengan teknologi hybrid.

Kabar tersebut dibenarkan oleh anggota tim Formula 1 Mercedes-Benz Petronas yang menaungi pebalap Inggris Lewis Hamilton dan pebalap Jerman Nico Rosberg, seperti dikutip Evo Magazine di sela seri balap Grand Prix Belgia akhir pekan lalu.

Hypercar berkode R50 yang pertama kali muncul pada bulan lalu, adalah model yang masih akan mengalami pengembangan, terutama dalam hal desain dan pengembangan teknis sebelum resmi diujicoba.

Sebelumnya, disebut-sebut hypercar berlogo bintang itu akan mengusung mesin turbo empat silinder. Tapi sudah dapat dipastikan mobil hyper tersebut akan menggunakan mesin 1.6 liter turbocharged V6, seperti yang digunakan mobil balap F1 Mercedes Petronas W07. Jika digabungkan dengan energy recovery system, tenaga yang dihasilkan akan berada di kisaran 1.000 Hp dan 1.500 Hp, dengan tenaga 900 Hp berasal dari mesin mobil balap F1.

Tantang terberat bagi Mercedes-AMG adalah mengkonversikan mesin galak ini untuk penggunaan di jalan raya. Untuk tahap awal, mesin itu akan dipasang starter motor, karena mesin mobil balap F1 biasanya untuk menghidupkannya harus melalui sumber listrik eksternal. Selain itu, mesin tersebut harus dimodifikasi agar dapat dipakai sehari-hari di jalan raya dan bertahan hingga ribuan kilometer.

Ada kemungkinan kapasitas mesin didongkrak menjadi 2.0 liter dan ditambahkan turbocharger kedua. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kehandalan mesin. Di luar mesin, mobil hyper anyar Mercedes itu akan dibekali sistem transmisi yang sama sekali baru yang dapat bekerja baik di jalan raya maupun di lintasan balap.

Tenaga dari mesin konvensional akan disalurkan untuk menggerakkan roda belakang, sedangkan untuk roda depan masing-masing akan ditopang dengan motor listrik bertenaga 160 Hp.

Untuk mengejar bobot keseluruhan di kisaran 1.000kg hingga 1.300 kg, hypercar ini akan menggunakan konstruksi berbahan serat karbon dan aluminium. Tak cuma membuat bodi mobil lebih ringan, para insinyut Mercedes dan AMG juga bakal sibuk untuk membuat rancangan akan mobil tersebut memiliki daya tekan ke bawah (downforce) lebih baik, terutama untuk menantang Aston Martin Red Bull AM-RB 001.

Mobil hyper ini akan diperkenalkan tahun depan seiring dengan perayaan ulang tahun ke-50 AMG dan jika sudah dipasarkan, maka harga yang dipatok mulai dari 4 juta euro atau setara dengan Rp59 miliar lebih. [yog]

Tertarik dengan mobil mewah Mercedes-Benz? Dapatkan penawaran menarik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here