Menatap New Honda CR-V dan Beragam Ubahannya

Honda

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Honda Motor Co. meluncurkan ‘senjata’ barunya untuk bersaing di segmen SUV/crossover medium melalui CR-V generasi kelima. Mau tahu detail ubahannya?

Yang paling beruntung saat ini adalah konsumen di Amerika Serikat, karena model anyar Honda CR-V sudah siap meluncur akhir tahun ini. Bukan mau pilih kasih Honda merilis CR-V lebih dulu di Negeri Paman Sam, tapi ini merupakan strategi Honda untuk mempertahankan posisi CR-V di jajaran atas pasar crossover medium di AS.

“CR-V adalah pilar penjualan kami dengan raihan penjualan di atas 300.000 unit dalam tiga tahun terakhir,” kata John Mendel, executive vice president American Honda Motor Co. Inc., seperti dikutip Columbus.

Menurut dia, sejak diperkenalkan pada 1997 silam, penjualan CR-V sudah mendekati angka 4 juta unit, yang menempatkannya sebagai SUV terlaris dalam lebih dari 20 tahun terakhir.

Bahkan CR-V berhasil mencetak rekor penjualan selama empat tahun terakhir. Pada 2015, rival berat Toyota RAV 4 ini terjual sebanyak 345.647 unit, atau sekitar 24 persen dari total penjualan Honda tahun itu yang mencapai 1,4 juta unit.

Nah, sekarang kita menatap model terbaru Honda CR-V baik eksterior maupun interiornya. Secara dimensi, Honda CR-V model 2017 lebih besar, tampak lebih kekar, lebih agresif dan lebih mewah ketimbang model yang saat ini beredar. Selain itu, CR-V model 2017 memiliki wheelbase lebih panjang, yang memungkinkan ruang kabin menjadi lebih lega.

Masih dari sisi eksterior, ubahan paling kentara pada CR-V model 2017 adalah bagian buritan dan samping. Untuk wajahnya, meski juga berubah, tapi masih menyiratkan wajah CR-V lawas, walaupun kini tampak lebih mewah berkat penambahan lapisan krom pada sejumlah panel. Sedangkan bagian belakang, ubahan besar dilakukan pada desain pintu dan lampu belakang. Sekilas mirip milik Honda BR-V untuk pintunya, sementara lampu kombinasi di bawah kaca belakang menyerupai tampilan Honda Jazz.

Beralih ke samping, kesan kekar tampak dari desain fender dan side skirt besar pada bagian bawah pintu depan dan pintu kabin belakang. Sementara desain pilar C sekilas mirip dengan Mitsubishi Pajero Sport, terutama garis kaca yang menyudut ke atas.

Untuk pembaruan dari sisi interior, selain lebih lega, yakni legroom belakang lebih panjang 2 inci dan ruang bagasi lebih panjang 10 inci jika bangku baris kedua dilipat. Material yang dipakai juga lebih berkualitas dan penambahan sejumlah fitur terkini, seperti display audio system dengan kompatibilitas Android Auto dan Apple CarPlay. Yang berbeda juga kembalinya tombol volume audio dan infotainment, yang sempat hilang pada model sebelumnya.

Bagaimana dengan dapurnya? Akan ada dua pilihan mesin, yakni 2.4 liter, direct injected 4 silinder, sama dengan model sebelumnya untuk tipe LX dan EX serta versi di atasnya. Juga tersedia pilihan mesin berkapasitas kecil, 1.5 liter direct-injected turbo, seperti yang disematkan pada Civic terbaru, meski sudah mengalami peningkatan performa. Untuk mesin turbo ini sendiri adalah yang pertama bagi CR-V.

Beberapa fitur canggih yang dibenamkan pada CR-V generasi kelima meliput Honda Sensing, yaitu teknologi untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengemudi, yang pertama kali disematkan pada CR-V model 2015, dan kini akan menjadi fitur standar untuk tipe EX dan di atasnya.

Sejumlah fitur menarik lainnya seperti hands-free power tailgate, yaitu pintu bagasi dapat dibuka via sensor yang diaktifkan dengan kaki yang terletak di bawah kendaraan di bagian belakang. Juga ada remote engine start dan shutter grille system yang dapat mengurangi hambatan angin. [yog]

Tertarik dengan jajaran mobil Honda? Dapatkan penawaran menarik di sini!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here