Toyota Prius Anyar Siap Dirakit di India, Bagaimana Indonesia?

Auto Express

RAJAMOBIL.COM, New Delhi – Komitmen pemerintah India terkait mobil ramah lingkungan patut ditiru Indonesia.

Dampak positif dari komitmen berupa pemberian insentif itu, Toyota siap membangun pabrik perakitan model hybrid New Prius di Negeri Bollywood itu. Langkah Toyota itu bisa saja diikuti pabrikan lain di masa mendatang, karena dengan pemberian insentif berupa pengurangan pajak akan membuat harga mobil hybrid lebih terjangkau.

Kabar baik lainnya adalah Toyota akan meluncurkan New Prius pada awal 2017 di India. Ini jelas kemajuan karena model tersebut lebih banyak beredar di AS, Eropa dan Jepang sendiri untuk saat ini.

Seperti dilaporkan Autocar, Prius sudah dipasarkan di India sejak 2010, tapi volume penjualannya tak besar. Namun dengan meningkatnya penjualan Camry Hybrid belakangan ini di negeri itu memacu Toyota untuk memanfaatkan momentum dengan segera merilis New Prius.

Prius model 2017 akan tersedia dalam varian baterai nickel-metal, a lithium-ion dan plug-in hybrid untuk pasar internasional, dan untuk pasar India kemungkinan hanya varian baterai nickel-metal.

New Prius adalah model pertama yang dibangun di atas platform baru bernama TNGA (Toyota New Global Architecture), dan dibekali dapur pacu lebih halus, lebih responsif dan lebih irit berkat kombinasi mesin bensin 1.8 liter dengan motor listrik berukuran lebih kompak.

Toyota telah banyak melakukan perbaikan pada New Prius sehingga model ini lebih nyaman dipacu ketimbang model lawas. Berbekal suspensi independen di belakang, Prius baru dijamin lebih baik pengendaliannya dan sasis juga lebih kuat 60 persen.

Untuk tahap awal, New Prius akan didatangkan ke India langsung dari Jepang, namun ke depan siap dirakit di sana. Bila India disetujui untuk merakit New Prius, maka Negeri Mahabharata itu akan menjadi yang pertama di luar Jepang yang merakit model pionir di segmen hybrid tersebut.

Sekarang kita hanya bisa berharap pemerintah lebih serius mendukung industri otomotif yang lebih ramah lingkungan seperti kendaraan hybrid, listrik atau bahkan fuel cell hidrogen. [yog]

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here