RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Setelah sukses diluncurkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (2016), Daihatsu Sigra sang saudara kembar dari Toyota Calya ini sudah dibekali mesin serta desain yang kurang lebih hampir mirip dengan saudaranya tersebut. Untuk masalah harga, keduanya memiliki perbedaan satu sama lain. Daihatsu Sigra dihadirkan dalam beberapa varian, yaitu Sigra tipe D, Sigra tipe M, Sigra tipe X, Sigra tipe X Deluxe, Sigra tipe R dan Sigra tipe R Deluxe.

Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe M/T / Prasetyoandi

Rajamobil.com akan mengulas, spesifikasi dan fitur apa saja yang dihadirkan ke dalam Daihatsu Sigra? Simak ulasannya di bawah ini :

Eksterior

Daihatsu Sigra hadir di kelas MPV LCGC, dengan tampilan elegan dan modern yang bisa dilihat pada ornament krom. Dimulai dari bagian depan, kemewahan tercipta dari tampilan Multireflector headlamp meruncing yang dikombinasikan dengan lampu sein pada sudutnya. Bergeser ke bagian tengah terdapat grille berlapis krom yang menyatu dengan kedua headlamp membuatnya lebih stylish dan modern. Sedikit bergeser ke bagian bawah, terdapat grille dengan bentuk trapezoidal dengan kombinasi aksen krom pada rumah fog lamp membuat tampilan wajah mobil ini semakin sporty.

Eksterior Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe M/T / Prasetyoandi

Berjalan ke bagian samping, terdapat garis halus yang terbentang dari bagian depan hingga bagian belakang dengan disematkan aksen krom pada bagian bawah pintu serta list jendela. Tampilan spion lebih stylish dengan warna senada body dan penyematan turn lamp pada sudutnya. Di bagian bawah terdapat velg dengan ukuran 14”.

Pada bagian belakang terdapat buritan dengan lampu berbentuk huruf ‘L’ terbaik yang dikombinasikan dengan reflector horizontal. Kemewahan juga tampak pada bagian handle pintu belakang yang sudah disematkan aksen krom serta logo Daihatsu di bagian tengahnya. Pada bumper bagian bawah sudah disematkan 2 parking sensor, yang mempermudah pengendara pada saat parkir kendaraannya.

Eksterior Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe M/T / Prasetyoandi

Interior & Fitur

Setelah membahas bagian eksterior, mari kita memasuki kabin dalam dari MPV LCGC dari Daihatsu ini. Kenyamanan kabin Daihatsu Sigra sangat menjanjikan, dengan body panjang pastinya ruang bagian dalam mobil ini sangat luas untuk mobil sekelasnya. Kita mulai dari kabin bagian depan, Dashboard Daihatsu Sigra ini hadir dengan desain 2-Tone Color, pastinya kesan modern dan stylish terpancar dari kabin bagian depan ini serta dibenamkan Dual SRS Air Bag. Pada bagian tengah terdapat fitur hiburan berupa 2DIN Audio yang dilengkapi dengan (CD, MP3, USB, AUX, Bluetooth dan Radio), yang akan menghibur anda pada saat berkendara serta lubang sirkulasi AC pada sisi kira dan kanan Audio. Bergeser ke bagian bawah terdapat tombol lampu hazard dan tombol pengaturan AC dengan 4 tingkat keepatan. Tepat diseblahnya terdapat In-dash tuas transmisi manual (untuk versi matic terdapat knob shift lock pada sisi kanan atas tuas transmisi). Bergerak ke sisi kanan, hadirnya stir dengan desain 3-Spoke Steering Wheel with Silver Painted Bezel menambah kesan stylish dan modern kabin bagian depan. Pada bagian Cluster Meter tampil modern dengan hadirnya fitur MID digital 5 fungsi : Average Fuel Consumption (AVG), Range Meter (RANGE), Trip Meter/Odo Meter(Trip A/B), Fuel Bar, Clock. Pada sisi kanan stir terdapat Switch Electric Outer Mirror untuk mengatur spion, agar lebih mudah serta fleksibel secara electric dan terdapat Switch Power Window pada bagian dalam pintu. Sebagai tambahan terdapat Glove Box pada bagian bawah Dashboard serta Front Power Outlet yang menjadi sumber listrik pada kabin baris pertama dan beberapa Multifunction Storage, seperti : Front Door Trim Pocket, Card Holder, Lower Center Cluster Pocket, Rear Door Cup, Seat Back Pocket, Rear Quarter Trim Pocket, Coint Tray.

Interior Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe M/T / Prasetyoandi

Pada kursi bagian depan terdapat material kursi berkualitas dan tidak mudah kotor serta fitur keselamtan seperti Front Seat Belt with Pretensioner dan Force Limiter yang dirancang untuk mengurangi potensi cidera saat air bag mengembang. Parking Brake with New Design dan Front Seat with Armrest sebagai sandaran tangan anda pada saat mengemudi juga disematkan ke bagian tengah kursi.

Interior Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe M/T / Prasetyoandi

Berpindah ke kabin baris kedua kenyaman yang sama terasa saat anda memasukinya, dengan headroom dan legroom yang luas kenyamanan anda sebagai penumpang akan tetap terjaga pada saat perjalanan. Selain itu juga adanya fitur All Seat with Head Rest pada baris kedua hingga baris ketiga, memberikan kenyamanan bagi kepala anda dalam perjalanan. Pada langit-langit terdapat Rear Air Circulator, yang berfungsi sebagai pengatur suhu ruang kabis baris kedua dan ketiga. Di baris kedua juga terdapat Power Outlet untuk sumber listrik dan fitur 1-Touch Tumble yang akan memudahkan akses masuk penumpang baris ketiga.

Interior Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe M/T / Prasetyoandi

Dimensi

Untuk urusan dimensi bisa dikatan sama dengan saudara kembarnya Toyota Calya, badan bongsor mobil 7 seater ini memiliki dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm yang ditanamkan fitur TAF (Total Advance Function) dan Side Impact Beam Body untuk meredam efek benturan. Sebagai mobil keluarga tentunya Ground Clearance sangat diperhatikan, Daihatsu Sigra memiliki ukuran Ground Clearance mencapai 180 mm, sedangkan untuk bagian kaki mobil ini sudah dipasangkan suspensi Macpherson Strut di bagian depan dan Semi Independent Torsion Axle Beam pada bagian belakang dan sudah dilengkapi fitur pengereman ABS untuk mencegah roda terkunci pada saat pengereman mendadak. Untuk ukuran velg dan juga ban, Daihasu Sigra disokong dengan ukuran 175/65 R14”. Sedangkan radius putar minimum dari Daihatsu Sigra ini mencapai 4.5 m dan dimensi bagasi yang dimiliki Daihatsu Sigra mencapai 263 liter, bagasi yang cukup luas untuk menampung barang bawaan anda.

Mesin

Daihatsu Sigra mengusung 2 tipe mesin dengan varian yang berbeda, untuk mesin dengan kapasitas 998 cc terdapat pada Sigra tipe D dan M sedangkan mesin dengan kapasitas 1.197 cc terdapat pada Sigra tipe X dan tipe R. Untuk masing-masing variannya sendiri juga terbagi, seperti tipe X dan tipe X Deluxe selain itu juga terdapat pada tipe R dan R Deluxe. Bagaimana untuk tenaga dari masing-masing tipe mesinnya?

Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe M/T 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i / Prasetyoandi

Mesin dengan kapasitas 998 cc 1KR-VE, DOHC VVT-i, 3-silinder segaris, 12 katup yang dapat melontarkan tenaga maksimal sebesar 67 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 89 Kg.m pada putaran 4.400 rpm. Untuk mesin dengan kapasitas 1.197 cc 3NR-VE, DOHC Dual VVT-I, 4-silinder segaris, 16 katup yang menghasilkan tenaga maksimal sebesar 88 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal yang dihasilkan sebesar 108 Kg.m pada putaran 4.200 rpm.

Jika Anda tertarik dengan Daihatsu Sigra, bisa langsung hubungi ke sini untuk mendapatkan penawaran dan harga terbaiknya.

BACA JUGA 

Simpan

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here