RAJAMOBIL.COM, Jakarta – PT Proton Edar Indonesia (PEI) resmi meluncurkan jagoannya yang berbasis city car, yakni Proton Iriz pada pekan lalu di FX Sudirman Jakarta. Mobil dengan 5 penumpang ini dibekali desain eksterior dan interior yang syarat akan nuansa sporty, karena memang pangsa pasar Proton Iriz cenderung para kawula muda atau keluarga kecil dengan dua orang anak.

Proton Iriz 1.3L VVT CVT / Prasetyoandi

Mobil yang memperoleh rating bintang lima dalam tes tabrak ASEAN NCAP hadir dengan 2 pilihan transmisi, yakni Iriz 1.3L manual 5-percepatan dan Iriz 1.3L CVT. Berikut Rajamobil.com akan mengulas Proton Iriz mulai dari eksterior, interior, fitur, dimensi dan mesin. Apa saja yang disajikan Proton ke dalam Proto Iriz?

EKSTERIOR

Pada sektor luar Proton Iriz memilki desain sporty, dengan headlamp yang didesain sipit dan tajam, LED Projector menjadi teknologi lampu tersebut. Untuk bagian tengah wajah Proton Iriz disematkan aksen flat silver dengan logo Proton di tengahnya, bergeser ke bawah terdapat gril dengan kisi-kisi udara yang memancarkan aura sporty pada bagian depan. Sudut meruncing juga terdapat pada sisi pinggir bumper depan dengan penyematan rumah foglamp yang didominasi warna hitam di sekelilingnya membuat tampilan lebih kuat dan dinamis.

Proton Iriz Eksterior / Prasetyoandi

Bergeser ke bagian samping terdapat desain trapesium yang menyambung pada pintu depan hingga pintu baris kedua dan black doff door handle, sedangkan Kaca spion Proton Iriz ini ditanamkan pada pintu bagian depan, sehingga dapat meminimalisir blind spot pada mobil ini. Untuk Kaca spionya sendiri sudah disematkan turning light, sehingga membantu pengemudi memberikan isyarat pada waktu berbelok.

Beralih ke bagian belakang, terdapat LED combination lamp yang besar dan stop lamp pada bagian tengah atas kaca bagian belakang. Bergeser ke bagian tengah pintu bagian belakang, terdapat garis halus berbentuk huruf “U” , serta logo Proton dan emblem VVT pada sisi kiri yang sejajar dengan emblem Iriz pada sisi kanan. Berpindah ke bagian bawah, terdapat 2 sensor parkir, serta penyematan reflector pada sisi kiri dan kanan.

INTERIOR

Setelah membahas tampilan luar dari Proton Iriz, kini kita lihat apa saja yang disuguhkan Proton ke dalam kabin  Proton Iriz.

Pada sisi interior, Proton Iriz dibekali fitur yang dapat memanjakan anda dalam berkendara. Kita mulai dari kabin baris pertama, warna hitam yang tersaji serta ruang kabin yang luas menjadi kelebihan dari city car ini. Untuk bagian dashboard, Proton Iriz tidak banyak menyematkan aksen warna, namun terlihat rapih dengan peletakan tombol-tombol navigasi dengan posisi yang sangat terjangkau dengan pengemudi. Terdapat jahitan serta logo SRS airbag pada sisi kiri dashboard, pada bagian bahwa terdapat ruang penyimpanan seperti mobil biasanya. Namun yang berbeda dari Proton Iriz ini, ditanamkan pengait barang dengan kekuatan maksimal 3Kg di sebelah kanan ruang penyimpanan.

Proton Iriz Interior / Prasetyoandi

Bergeser ke bagian tengah, terdapat fitur hiburan berupa 2 DIN Radio CD / MP3 Player, USB, AUX Port, Bluetooth yang dihiasi lubang sirkulasi AC pada sisi kiri dan kanannya. Berpindah sedikit ke bagian bawahnya terdapat tombol untuk lampu hazard , serta tombol untuk fitur impact sensing door unlock pada sisi kiri dan tombol traction control system (TCS) pada sisi kanannya. Untuk bagian bawah dari fitur hiburan ini terdapat tombol pengaturan AC dengan aksen krom pada sisi sekelilingnya, serta ruang penyimpanan yang anda bisa gunanakan untuk meletakan gadget anda saat dicharger pada socket 120W max yang berada di samping kanan lubang AUX dan slot USB.

Proton Iriz Interior / Prasetyoandi

Pada sisi tengah antara jarak bangku penumpang dengan pengemudi terdapat ruang penyimpanan yang terdiri dari 3 bottle holder dan 1 tempat yang bisa anda letakan koin atau barang lainnya. Selain itu terdapat tuas untuk rem tangan dan tuas transmisi otomatis CVT (continuous variable transmission) terbalut kulit dengan lubang shift lock release. Berpindah ke bagian pengemudi, untuk stir kemudi yang dapat diatur sesuai dengan posisi yang anda inginkan dan sudah dilengkapi dengan fitur advanced electric power steering system (EPS) yang dibalut kulit sehingga membuat anda nyaman pada saat menggenggamnya, pada bagian tengah stir terdapat logo Proton, serta logo SRS airbag.

Proton Iriz Interior / Prasetyoandi

Pada bagian cluster meter, Proton Iriz memiliki kelengkapan dalam menyediakan informasi kondisi mobil kepada pengemudi. Bisa dilihat dengan tersedianya tachometer, speedometer dan LCD multi information display pastinya beragam informasi tentang kondisi mobil, serta jarak tempuh kendaraan dengan sisa bahan bakar dapat cepat diketahui oleh pengemudi.

Berpindah ke kabin baris kedua, walau tampilan luar terlihat mungil, namun ruang pada baris kedua cukup lapang dengan 2 fitur ISOFIX yang disematkan pada kedua kursi bagian belakang. Berpindah ke ruang bagasi, Proton Iriz memiliki volume bagasi sebesar 215 liter dan 270 liter jika kursi pada baris kedua dengan menekan tombol yang ada pada sisi headrest.

Proton Iriz Interior / Prasetyoandi

DIMENSI

Seperti ulasan di atas, walau terbilang mobil mungil namun Proton Iriz memiliki ruang kabin dalam yang luas dengan. Proton Iriz sendiri memiliki panjang 3.920 mm, lebar 1.722 mm dan tinggi 1.554 mm, dengan jarak sumbu roda sebesar 2.555 mm. Dengan ukuran badan yang lebih panjang, menjadikan ruang kabin lebih lapang. Badan mungil dari Proton Iriz didukung dengan suspensi depan MacPherson Strut with Stabiliser Bar dan Torsion Beam Axle pada bagian belakang. Di sisi lain, untuk menunjang sector kaki-kaki, Proton Iriz diberikan velg dengan ukuran 14 inci dan dibalut dengan ban berukuran 175/65.

Proton Iriz Dimensi & Bagasi / Prasetyoandi

Dengan kombinasi suspensi, velg dan ukuran ban tersebut membuat Proton Iriz mudah dikendalikan pada saat melakukan manuver. Sedangkan untuk pengeraman, Proton Iriz didukung dengan Ventilated Disc 14 inci pada rem depan dan LT Drum berukuran 8 inci pada bagian belakang. Untuk sistem pengeremannya sendiri sudah dipersenjatai dengan fitur Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Sebagai informasi tambahan Proton Iriz juga sudah dibekali fitur Brake Assist (BA) dan Hill-Hold Assist (HHA).

MESIN

Meskipun desain Proton Iriz terbilang mungil, namun soal dapur pacu terbilang cukup tangguh dalam kelasnya. Dengan dibekali mesin berkapasitas 1.3 liter serta teknologi VVT-I 4-silinder mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 70 kW pada putaran 5.750 rpm dan torsi maksimum sebesar 120 Nm pada putaran 4.000 rpm. Untuk transmisinya sendiri tersedia 2 pilihan, yakni manual 5-percepatan dan otomatis CVT. Proton Iriz mampu berakselerasi dari 0 – 100 km/jam dalam waktu 12.2 detik.

Mesin 1.3L VVT CVT / Prasetyoandi

HARGA

Tidak lengkap rasanya jika belum berbicara soal harga, dengan beragam fitur canggih yang diberikan Proton ke dalam city car harga yang diberikannya juga terbilang sangat terjangkau. Bagaimana tidak untuk Proton Iriz 1.3 manual dibandrol Rp. 175.250.000, sedangkan tipe Iriz matic CVT dibandrol Rp. 185.283.000.

Dengan fitur beragam serta harga yang terjangkau, Proton Iriz bisa menjadi alternatif bagi anda yang sedang mencari sebuah mobil idaman.

BACA JUGA

  • Merasaka kenyamanan berkendara bersama Proton Iriz, klik di sini!
  • Proton Iriz siap meluncur, ini video tampilan lengkapnya, klik di sini!
  • Proton Iriz resmi mengaspal ke pasar otomotif tanah air, klik di sini!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here