RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Memang, Avanza dan Xenia merupakan produk kembar. Kedua mobil ialah hasil kolaborasi dua pabrikan asal Jepang, Toyota dan Daihatsu di Indonesia yang meluncur pada 2003. Bisa dikatakan, sejak pertama kali meluncur, kedua mobil ini langsung meraih predikat sebagai mobil terlaris di Indonesia.

Bagaimana tidak, hingga saat ini rata-rata penjualan kedua mobil ini bila digabung menembus angka puluhan ribu unit. Tentu penyumbang terbesarnya ialah Avanza. Bahkan bila di total, kedua mobil tersebut telah laku terjual lebih dari dua juta unit.

Namun, meski sama-sama diproduksi Daihatsu, ternyata spesifikasi Avanza dan Xenia memiliki perbedaan. Beda keduanya yang paling terlihat yaitu dari emblem dan grille pada bagian depan. Namun ternyata tidak hanya itu, terdapat beberapa perbedaan lain antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Apa saja? Simak berikut ini.

Baca Juga : Perbedaan Spesifikasi Varian Toyota Avanza

Meski menggunakan platform yang sama, tapi bagian eksterior kedua mobil ini memiliki perbedaan. Seperti dimensi panjang, Avanza 4.140 mm dan Xenia 4.190 mm. Selain itu, beberapa bagian eksterior juga berbeda. Di Xenia, beberapa variannya menggunakan bemper bewarna hitam. Hal ini beda dengan Avanza dimana pada bagian bempernya dilengkapi dengan grille yang sudah dilapisi oleh krom.

Untuk fitur pada bagian eksterior, Daihatsu Xenia sedikit lebih unggul. Sebab sudah menggunakan Daytime Running Lights (DRL) di dekat lampu kabut, hal ini tidak ada pada Avanza. Perbedaan lain dibagian eksterior terletak di bagian kaki-kaki.

Baca Juga : 4 Alasan Membeli Toyota Avanza

Avanza dan Xenia memiliki pilihan bentuk pelek yang berbeda, serta ukuran yang tidak sama pada beberapa tipe. Seperti di varian Avanza Veloz bermesin 1.5 liter menggunakan ban berukuran 185/65 R15. Dan untuk Daihatsu ada dua pilihan ban, 165/80 R13 dengan pelek kaleng dan 185/70 R14.

Pada fitur yang tersedia, juga ada perbedaan. Pada Avanza menggunakan rem ABS dan dual SRS Airbag. Sedangkan Xenia tidak menggunakan fitur tersebut. Gantinya, Daihatsu menyematkan sensor parkir dibagian belakang serta dilengkapi juga dengan kamera belakang. Untuk sistem hiburan kedua mobil ini sama-sama menggunakan headunit audio 2-DIN layar sentuh berukuran 6,1 inci dengan koneksi DVD, CD, AM/FM, USB, AUX dan lainnya.

Baca Juga : 3  Kekurangan Toyota Avanza

Untuk pilihan mesin, Avanaz dan Xenia juga berbeda. Avanza hadir dengan dua pilihan, pertama 4-silinder 1.3 liter dan 4-silinder 1.5 liter. Sedangkan untuk Xenia, Daihatsu menghadirkan pilihan mesin yang lebih kecil, 3-silinder 1.0 liter dan 4-silinder 1.3 liter.

Terakhir pembahasan soal harga. Daihatsu memasarkan Xenia lebih murah dibanding Avanza. Produk low MPV tujuh penumpang Daihatsu ini dipasarkan mulai Rp 183 juta hingga Rp 217 jutaan. Sementara harga Toyota Avanza mulai Rp 191 jutaan hingga Rp 239 jutaan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here