RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Rasanya, membuat perbandingan antara dua mobil ini memang pas. Sebab, Datsun GO serta Honda Brio sama-sama merupakan mobil mungil serta memiliki varian bertransmisi Transmisi Otomatis CVT (Continuously Variable Transmission).

Kali ini, perbandingannya ialah All new Honda Brio E CVT dengan Datsun GO T-ACTIVE CVT. Secara spesifikasi, ada beberapa perbedaan fitur antara keduanya. Untuk kapasitas penumpang, keduanya sama. Mampu menampung lima orang didalamnya.

Lantas, bagaimana perbandingan spesifikasi keduanya? Simak ulasannya berikut ini :

Dari segi spesifikasi dimensi, Datsun GO lebih unggul dibanding Honda Brio. Datsun GO T-ACTIVE CVT memiliki dimensi panjang 3.788 mm, lebar 1.636 mm dan lebar 1.507 mm. Untuk wheelbase serta ground clearance-nya mencapai 180 mm.

Baca Juga : Ini Fitur yang Harusnya Ada di Datsun GO

Untuk Honda Brio, dimensinya panjangnya 3.640 mm, lebar 1.680 mm serta tinggi 1.485 mm. Brio memiliki ukuran wheelbase 2.345 mm dan ground clearance 165 mm. Dengan pembandingan itu bisa terlihat, Datsun GO lebih panjang serta tinggi dibanding Honda Brio. Artinya, mobil Datsun GO memiliki kabin yang lebih lapang dibanding Brio.

Secara tampilan, keduanya bisa dikatakan mirip-mirip. Namun, GO lebih dominan pada bagian grille yang terlihat lebih besar. Bagian pelek juga memiliki ukuran yang sama, 14 inci. Untuk fitur yang tersemat, Brio memiliki high mount lamp, fog lamp, daytime running light. Untuk GO, sudah diberikan fitur seperti Daytime Runninhg light, spion elektrik dan beberapa bagian tersemat bodi kit.

Baca Juga : Biar Tahu, ini 5 Fitur yang Tersembunyi di Datsun GO

Ada juga fitur lain berupa follow me home, auto headlamp, wiper belakang dengan washer laiinya. Bisa kami katakan, GO lebih unggul soal spesifikasi eksterior dibanding Brio.

Lantas bagaimana dengan bagian kabinnya? Kedua mobil hatcback ini menggunakan jok yang tidak terlalu keras. Terdapat juga beberapa fitur hiburan yang bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam perjalanan. GO memiliki layar sentuh berukuran 6,75 inci sebagai pusat hiburannya. Layar sentuh itu sudah terkoneksi dengan AM/FM, MP3, USB, AUX dan Bluetooth.

Baca Juga : 5 Keunggulan Datsun Go untuk Menandingi Brio dan Agya

Sedang Brio, menggunakan audio 2Din sebagai pusat hiburannya yang sudah dilengkapi dengan fitur USB port, AM/FM Radio, dapat terkoneksi dengan  iPhone & iPod, CD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone.

Bagaimana fitur yang ada dikedua mobil ini? Honda Brio memiliki fitur keamanan seperti Immobilizer, Auto Door Lock by Speed, Alarm System, Keyless Enrty, ISOFIX, Sealtbelt Reminder dan Audio Steering Switch.

Untuk Datsun GO, memiliki fitur LED DRL atau Daytime, Running Light, Intelligent Wiping System, Speed Sensitive EPS, Follow Me Home, Keyless Alarm Smart Meter dan Power Window.

Untuk bagian dapur pacu, menggunakan mesin HR12 3-silinder, 1,2 liter berdaya 78 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 104 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan melalui transmisi otomatis X-Tronic CVT.

Dengan menggunakan sistem transmisi tersebut, Datsun mengklaim GO memiliki tenaga yang lebih besar. Untuk Honda Brio, dipasarkan dengan menggunakan mesin 4-silinder 1,2 liter i-VTEC berdaya 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm, juga sama-sama menggunakan transmisi CVT.

Baca Juga : Datsun GO Vs Toyota Agya, Mana Lebih Baik?

Lantas, bagaimana dengan harga keduanya? Datsun GO T-ACTIVE CVT memiliki bandrol yang lebih murah dibanding Honda Brio E CVT. GO T-ACTIVE CVT harganya Rp 142 jutaan, sedangkan Brio E CVT dipasarkan Rp 162 jutaan.

Perbedaan keduanya mencapai Rp 20 juta. Dengan spesifikasi yang diusung, Datsun T-ACTIVE CVT sepertinya bisa jadi pilihan. Sebab, fitur yang diusung juga terbilang lebih lengkap dibanding Brio E CVT. Setelah melihat ulasannya, bila Anda tertarik memiliki Datsun GO ataupun Honda Brio, bisa lihat penawaran promonya disini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here