RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Siapa yang tak kenal dengan Suzuki Ignis, mobil mungil di segmen hatchback crossover ini memiliki kontribusi besar bagi penjualan Suzuki di tanah air. Pasalnya, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Ignis berada di jajaran teratas dalam daftar penjualan mobil city car dengan catatan penjualan 13.310 unit pada periode Januari – November 2018.

Lewat slogan Urban SUV, Suzuki Ignis menawarkan desain yang lebih menonjol dari para pesaing di kelasnya. Mobil ini juga dibekali rancangan bodi dari platform heartect berstruktur high-rigid underbody, dimana sektor bodi mengusung konsep total effective control technology. Pembekalan tersebut membuat Suzuki Ignis lebih kokoh dikendarai dalam segala medan.

Bagi kalian yang belum mengenal spesifikasi Suzuki Ignis, simak ulasannya di bawah ini.

EKSTERIOR

Suzuki Ignis Sport Edition

Suzuki Ignis hadir lewat desain yang sporty dan atraktif. Konsep Clam Shell Bonnet terlihat pada rancangan gril depan berkelir krom dengan logo S, memperkuat karakter SUV Suzuki Ignis. Sektor pencahayaannya sudah menggunakan LED Projector Headlamps with DRL (khusus tipe GX) yang memberikan kualitas cahaya lebih terang saat berkendara. Bergeser ke bagian bawah terdapat fog lamp dengan balutan krom, yang membuat tampilan jadi lebih sporty elegan.

Tampilan sporty semakin kental berkat adanya roof rails di bagian atap, serta desain velg five trapezoid berukuran 15 inci dengan ground clearance yang cukup tinggi. Bagian belakang Suzuki Ignis memiliki desain retro yang terinspirasi dari Suzuki Fronte Coupe, hal tersebut memberi nilai tambah mobil ini.

INTERIOR

Interior Suzuki Ignis GL

Memasuki Interior, kabin dari Suzuki Ignis memiliki desain yang imbang dengan eksteriornya. Pada head unit maupun dashboardnya, memiliki desain yang futuristik dimana sudah dilengkapi dengan beberapa sistem hiburan seperti Radio, MP3/CD, USB dan Bluetooth.

Masih pada sektor tengah dashboard terdapat pengaturan suhu dalam kabin lewat Auto Climate A/C and Heater. Bergeser ke bagian stir kemudi, pengemudi akan mendapatkan kemudahan dalam mengatur audio lewat New Steering Wheel Switch Control.

Meskipun dimensi dari Suzuki Ignis tidak terlalu lapang, namun pengemudi masih dapat mendapatkan kenyamanan saat berkendara. Bagian legroom dan headroom masih cukup lapang untuk pengemudi dengan tinggi badan 180 cm. Ruang bagasi juga cukup lapang, bahkan dapat menampung barang bawaan dengan kapasitas 469 liter (jika kursi belakang dilipat) dan 260 liter (jika kursi belakang tidak dilipat).

FITUR

Fitur

Sebagai generasi baru urban SUV, Ignis memiliki fitur-fitur berkelas yang dapat mendukung mobilitas. Untuk menunjang keselamatan, Suzuki Ignis telah dibekali Dual SRS Airbag yang siap melindungi penumpang dan pengemudi di baris depan. Selain itu, saat pengereman mendadak mobil akan tetap stabil berkat teknologi pengereman Anti-Lock Braking System (ABS). Fitur keamanan dan kenyamanan lain yang terdapat pada Ignis adalah Keyless Entry and Push Start/Stop Button yang memudahkan pengemudi saat menyalakan mesin, tanpa harus menggunakan anak kunci.

MESIN

Mesin K12M, 4-silinder, 16-katup, 1.197 cc

Suzuki Ignis dibekali mesin berjenis K12M 4-silinder dengan kapasitas 1.197 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 83 PS pada 6.000 RPM dan torsi maksimal sebesar 113 Nm pada 4.200 RPM. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis Auto Gear Shift (bisa matik dan manual).

Konsumsi bahan bakar dari mesin ini terbilang irit, sebab Suzuki Ignis telah menggunakan Suzuki EcoEngine Technology yang sudah standar EURO 4. Berdasarkan hasil tes BT2MP – BPPT Oktober 2018, Suzuki konsumsi bahan bakar konsumsi bahan bakar transmisi manual sebesar 21,81 kilometer per liter dan transmisi matik sebesar 20,15 kilometer per liter.

  • Spesifikasi Mesin Suzuki Ignis
Jenis K12M
Isi Silinder 1,197 cc
Jumlah Katup 16
Jumlah Silinder 4
Diameter x Langkah 73.0 mm x 71.5 mm
Perbandingan Kompresi 11.0
Daya Maksimum 83/6,000 PS / rpm
Momem Puntir Maksimum 113/4,200 Nm / rpm
Sistem Bahan Bakar Multipoint Injection

 

  • Dimensi Suzuki Ignis
Panjang Keseluruhan 3,700 mm
Lebar Keseluruhan 1,690 mm
Tinggi Keseluruhan 1,595 mm
Jarak Poros Roda 2,435 mm
Jarak Pijak Depan 1,460 mm
Jarak Pijak Belakang 1,470 mm
Jarak Terendah 180 mm
Radius Putar Minimum 4,7 m

 

Baca juga : Perubahan Suzuki Ertiga Dari Masa Ke Masa

  • Rangka Suzuki Ignis
Sistem Kemudi Rack & Pinion
Suspensi Depan McPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam with Coil Spring
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum, Leading &Trailing
Ukuran Ban 175/65R15

 

  • Transmisi Suzuki Ignis
Perbandingan Gigi Akhir 3.272
Ratio Gear
Gear MT AGS
1st 3.545 3.545
2nd 1.904 1.904
3rd 1.240 1.240
4th 0.914 0.906
5th 0.717 0.696
Mundur / Reverse 3.272 3.394

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here