RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Di pertengahan Januari 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Avanza terbaru. Beberapa penyegaran dilakukan, baik dibagian eksterior, interior maupun fitur. Meski tidak menyeluruh, namun penyegaran yang dilakukan nyatanya membuat mobil yang pertama kali diluncurkan 2003 ini lebih nyaman.

Toyota Avanza

Hal ini dibuktikan dengan merasakan sendiri pembaruan pada new Avanza dalam event Test Drive Toyota Avanza yang dilakukan 3-4 Maret 2019 lalu. Memulai perjalanan dari kota Cirebon menuju Semarang, mobil yang digunakan yaitu varian tertinggi Avanza, Veloz 1.5 transmisi otomatis.

Varian ini merupakan Avanza yang paling lengkap teknologi juga fiturnya. Untuk mesin juga merupakan yang terbesar dibanding Avanza varian E dan G. Sebelum memulai perjalanan, perlu diketahui untuk harga Veloz 1.5 transmisi otomatis dipasarkan Toyota dengan harga Rp 239 jutaan.

Lantas bagaimana impresi yang didapat setelah melakukan pengujian Avanza varian termahal? Masuk kedalam kabin, aura perbedaan langsung terasa. Hal ini terlihat dari desain dashboard yang lebih segar. Apalagi, kehadiran head unit baru ditambah sistem pengaturan AC yang digital membuat kabin Avanza kini lebih terlihat modern.

Toyota Avanza

Desain bangku yang kini dibalut dengan bahan fabric berdesain baru juga memberikan aura segar pada new Avanza. Pada sistem display meter combination juga turut diberikan perubahan oleh Toyota. Sehingga tampilannya lebih aktraktif.

Puas menikmati bagian kabin, saatnya melakukan perjalanan. Fitur baru berupa start stop engine membuat mobil yang dijuluki ‘kendaraan sejuta umat’ ini seperti naik kelas. Dengan adanya teknologi ini membuat pengemudi menyalakan dan mematikan mobil jadi lebih mudah.

Setelah melewati padanya kota Cirebon, perjalanan dilanjutkan dengan melintasi tol Palimanan hingga ruas jalan tol Trans Jawa. Disaat seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk lebih mengeksplore secara keseluruhan penyegaran pada new Avanza. Seperti halnya head unit yang kini menggunakan layar sentuh serta dilengkapi dengan 6 speaker. Sistem kerja head unit ini terasa mudah dan sensitif dengan sentuhan tangah.

Pusat sistem hiburan ini juga terkoneksi dengan berbagai fitur seperti radio, CD, flash disk, Bluetooth dan lainnya. Spesialnya, dalam head unit ini Toyota menghadirkan teknologi bernama T-Link. Teknologi berbasis aplikasi ini dapat terkoneksi dengan smartphone. Tidak seperti fitur lain, Spesialnya T-Link dapat dioprasikan melalui headphone atau juga head unit.

Toyota Avanza

Teknologi ini memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi di handphone miliknya. Ditambah penyebaran suara melalui enam speaker juga semakin memberikan kenyamanan baik pengendara juga penumpang.

Lantas bagaimana dengan performance Avanza varian termahal ini? Bila dijawab jujur, tidak banyak perubahan yang terjadi, masih sama seperti mengendarai Avanza model sebelumnya. Pasalnya Toyota tidak merubah bagian mesin maupun transmisi. Namun bila dikendarai dengan kecepatan tinggi, sistem kemudi mobil ini lebih enak untuk dikendarai. Ini karena Toyota melakukan pembaruan dibagian EPS juga ECU yang di atur ulang.

Ini membuat kemudi Avanza akan terasa ringan bila dikendarai dalam kecepatan rendah. Sedangkan saat kecepatan tinggi, kemudi justru akan terasa berat. Hal ini membantu pengendara untuk bermanuver serta tidak kehilangan kontrol saat mengebut. Terakhir dan yang spesial ialah pembaruan terkait kekedapan Avanza terbaru.

Mobil ini terasa lebih kedap sehingga suara bising dari luar diminimalisir dan membuat kabin lebih sunyi. Dalam kecepatan tinggi sekalipun, suara yang masuk kedalam kabin terbilang minim. Hal sedikit raungan mesin yang terdengar. Ini membuat Avanza dapat dikatakan lebih nyaman. Untuk bagian suspensi juga terasa lebih nyaman.

Ini berkat improvement suspensi yang kini menggunakan berbagai pembaruan. Pasalnya shockabsorber front dan rear spesifikasi dirancng lebih solid. Coil spring juga daya puntirnya dibuat lebih kecil. Hal ini membuat suspensi Avanza lebih empuk. Pada saat dikemudikan juga tidak terlalu limbung.

Kecepatan rata-rata yang kami gunakan saat melintasi tol trans Jawa dengan Toyota Avanza Veloz transmisi otomatis mencapai 120 km/jam. Hasilnya memang mobil ini terasa lebih nyaman dan kedap. Sistem hiburan juga terasa interaktif serta membuat tidak jenuh saat perjalanan sejauh 220 km.

Hasil akhirnya yang bisa dikatakan ialah, Toyota melakukan perubahan yang tidak terlalu banyak, namun memberikan dampak yang baik untuk Avanza. Pembaruan tersebut membuat mobil ini lebih nyaman dan enak untuk dikendarai maupun menjadi penumpang. Namun tentu ada beberapa kekurangan.

Seperti detail dibagian kabin yang masih terlihat kurang rapih. Kabel sensor dibagian sabuk keselamatan masih terlihat keluar. Meski tidak menganggu, namun apabila kabel tersebut dibuat lebih tersembunyi dan tidak terlihat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here