RAJAMOBIL.COM, Jakarta – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menggelar acara bertajuk Mazda Media Drive – All New Mazda3 around Jakarta and Bogor (10/7). Selama dua hari, EMI memberi kesempatan bagi awak media merasakan langsung beragam fitur canggih dari produk terbarunya, All New Mazda 3.

Model yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 ini kini hadir dalam dua tipe, yakni All New Mazda3 tipe hatchback dan sedan. Keduanya menjadi model pertama yang mengadopsi evolusi terbaru dari desain KODO – single motion yang jauh lebih baik dari pendahulunya.

Baca juga : Punya Standar Internasional, Mazda Simprug Jadi yang terbesar di Indonesia

Spesifikasi All New Mazda 3

“Tujuan lain dari desain All New Mazda3 terbaru ini adalah memberikan sentuhan desain yang lebih emosional di model hatchback, sedangkan untuk varian sedan menghasilkan proporsi yang lebih elegan. Walaupun saling berbagi nama sebagai Mazda3, namun keduanya menawarkan kepribadian yang berbeda,” ungkap Ricky Thio, Director of Sales, Marketing and Public Relations PT EMI.

Eksterior All New Mazda3 menunjukan tampilan baru yang akan menjadi daya tarik di kedua model. Mazda3 hatchback menampilkan sosok yang bertenaga dan menggoda daya tarik akan sebuah pengalaman berkendara yang menarik. Sebaliknya, pada Mazda3 tipe sedan, hadir dengan tampilan yang sederhana, elegan, namun tetap menonjolkan kedewasaan dan kemewahan dari sebuah sedan.

Spesifikasi All New Mazda 3
Eksterior All New Mazda 3 (hatchback)

Tampilan lampu depan Mazda3 kini lebih membulat yang hanya menampilkan tiga elemen penting, yakni sumber cahaya, lensa dan dudukannya. Sesuai dengan tema ‘les is more’, dimana Mazda memangkas elemen yang tidak diperlukan untuk menghasilkan esensi sebuah lampu utama.

Untuk dimensi, All New Mazda3 tipe hatchback memiliki panjang 4,460 mm, lebar 1,795 mm dan tinggi 1,435 mm. Sedangkan tipe sedan memiliki panjang sebesar 4,660 mm, lebar 1,795 mm dan tinggi 1,440 mm. Keduanya sama-sama memiliki jarak sumbu roda 2,725 mm.

Baca juga : Dua SUV Asal Jerman Siap Meluncur di GIIAS 2019

Interior All New Mazda 3
Interior All New Mazda 3 (hatchback)

Interior All New Mazda3 mengadopsi filosofi ‘Jinba Ittai’, dimana desain interior kini semakin meningkatkan hubungan antara mobil dengan pengemudinya, aspek pada kokpit diposisikan simetris secara horizontal dengan pengemudi sebagai pusatnya. Menariknya, elemen di dalam kabin Mazda3 dirancang sesederhana mungkin, yang bertujuan demi menonjolkan wilayah kabin.

Tombol pengaturan AC dan aksen di bagian penumpang depan terintegrasi mulai dari sisi kanan dan kiri dengan mengikuti garis desain panel instrumen. Aura sporty terpancar pada bagian konsol tengah dengan teknologi ‘Two-layer molding’ yang menggabungkan bagian panel dilapisi dengan lapisan hitam mengkilap.

“Ruang kabin juga dihiasi dengan interior yang berbalut kulit, sedangkan warna Burgundy dikembangkan sebagai warna interior yang eksklusif pada Mazda3 model hatcback,” ungkap Kenny Wala, Product Planner PT EMI.

All New Mazda 3 (sedan)

Baca juga : Ini Dia 23 Mobil yang Bakal Dipamerkan Toyota di GIIAS 2019

Kenny juga menambahkan, bahwa kabin All New Mazda3 dirancang dengan filosofi human-centric yang bertujuan untuk menjadikan pengemudi dapat menikmati pengendaraan tanpa hilang konsentrasi, sementara penumpang dapat merasa nyaman dan menikmati perjalanan.

Bagian interior juga disematkan layar lebar berukuran 8,8 inci di bagian tengah yang menawarkan pengoperasian melalui tombol pusat kendali. Melalui layar ini, sistem audio All New Mazda3 juga dikendalikan dengan 8 speaker 3-way termasuk satu woofer untuk versi standar.

Mesin All New Mazda 3

All New Mazda3 di Indonesia mengadopsi mesin berbahan bakar bensin SKYACTIV-G 2.0 liter terbaru yang telah mendapatkan pengembangan teknologi. Mesin dengan transmisi otomatis 6-speed SKYACTIV-DRIVE ini mampu menghasilkan tenag maksimal sebesar 153HP pada 6.000rpm dan torsi puncak mencapai 200Nm pada 4.000rpm.

Baca juga : Canggih, Wuling Luncurkan Almaz Baru yang Bisa Diajak ‘Ngobrol’

Menariknya, All New Mazda3 dibenamkan fitur G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) yang merupakan pengembangan fitur G-Vectoring Control sebagai bagian dari teknologi SKYACTIV VEHICLE DYNAMICS milik Mazda. Fitur ini dapat menambahkan kendali yaw moment langsung melalui rem, hal ini memungkinkan mobil untuk dapat mengatasi manuver penghindaran darurat dengan lebih baik dan menawarkan pengendalian yang meyakinkan di berbagai situasi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here