Jangan Sampai Tertukar, Ini Beda Ayla dan Agya

Jangan Sampai Tertukar, Ini Beda Ayla dan Agya

Kehadiran Daihatsu Ayla terbaru dan Toyota Agya sebagai mobil LCGC idaman banyak keluarga. Hal ini karena kedua mobil tersebut memiliki beberapa faktor menarik. Harga yang ditawarkan mobil LCGC tersebut juga cukup terjangkau. Mobil tersebut memiliki spesifikasi dan ukuran bodi yang dapat dikatakan cukup.

Terlebih bagi Anda yang saat ini tinggal di wilayah perkotaan. Kedua mobil tersebut sekilas memang tampak sama. Namun sebenarnya kedua mobil tersebut memiliki beberapa perbedaan. Hal itu karena dalam proses produksinya oleh perusahaan yang berbeda.

Namun, baik Toyota dan Daihatsu menginginkan masing-masing produknya memiliki keunikan tersendiri. Identitas paling utama dari kedua mobil tersebut, perbedaannya tampak pada bagian eksteriornya.

Eksterior Ayla dan Agya

Jangan Sampai Tertukar, Ini Beda Ayla dan Agya

Kehadiran basis mobil yang sama, memang tampak sulit untuk membedakan kedua mobil tersebut. Namun apabila melihatnya lagi, perbedaannya tampak jelas pada bagian muka mobil. Bagian depan Agya tampak lebih stylish, dengan adanya grill minimalis yang lebih elegan. Perubahan baru Toyota Agya dengan adanya penambahan wiper belakangnya pada tipe G dan Agya tipe TRD S. Bagian grill depan Toyota dengan palang tipis yang warnanya hitam.

Sedangkan Ayla memiliki grill depan lebih dinamis, tampak lebar dan tinggi. Hal itu tampak sampai ke bagian bawah bemper. Ayla mengalami perubahan dengan adanya grill baru. Dengan memiliki palang tengah selaras bodi dan penambahan wiper belakangnya pada tipe X. Ayla terdapat grill dengan sentuhan ornamennya krom yang tampak elegan.

Desain bumper kedua mobil tersebut juga memiliki perbedaan. Agya memiliki ventilasi udara berbentuk heksagonal dan ukurannya sangat besar. Bagian lubang udara di bemper depan mobil Daihatsu Ayla memiliki desain bentuk V. Desain rumah kabut juga membedakan keduanya. Pada mobil Ayla baru menghadirkannya list krom pada tepian lampu kabut.

Jangan Sampai Tertukar, Ini Beda Ayla dan Agya

Pada bagian samping hingga belakangnya tidak memiliki perbedaan. Selain emblem yang menjadi identitas pembeda Ayla dan Agya tersebut. Bahkan desain velg tidak membedakan keduanya, dengan diameternya 14-inch. Selain itu bagian belakang Toyota Agya TRD Sportivo melengkapinya spoiler dengan warna hitam. Sedangkan spoiler Daihatsu Ayla termahal mengecatnya sewarna body.

Meskipun kedua mobil tersebut memiliki desain wajah dan ornamen berbeda. Namun dimensi kedua mobil tersebut tidak tampak berbeda. Kedua mobilnya dengan dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tingginya 1.520 mm. Sedangkan jarak sumbu roda mobilnya 2.450 mm. Bahkan juga memiliki ground clearance atau tinggi dari tanahnya 180 mm.

Performa

Jangan Sampai Tertukar, Ini Beda Ayla dan Agya

Performa dari mobil LCGC ini menawarkan dengan pilihan tenaga penggerak identik. Tampaknya tidak ada perbedaan sama sekali. Kedua mobil tersebut menyediakan pilihan mesin 1,0 liter 3-silinder. Tentunya yang menghasilkan daya 67 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan dengan torsi puncaknya mencapai 89,2 Nm pada 4.400 rpm.

Selain itu menawarkan mesin 4-silinder yang lebih sedikit getarannya. Mesin 1,2 liter 3NR-FE dual VVT-I menghasilkan tenaga cukup besar. Tenaga mesin Ayla dan Agya sebesar 88 PS pada 6.000 rpm.  Sedangkan pada torsi puncaknya mencapai 107 Nm pada 4.200 rpm. Kedua pilihan mesin mobil tersebut dengan sistem injeksi. Sehingga dapat menyalurkan tenaga ke kedua roda depannya.

Tentunya melalui pilihan transmisinya manual 5-speed atau otomatis konvensional 4-speed. Pengendaraan dan stabilitas berkendara kedua mobil tersebut pastinya juga tidak berbeda. Masing-masing melengkapinya dengan suspensi depan MacPherson Strut di depan. Sedangkan suspensi belakangnya semi independent Torsion Beam dengan Coil Spring. Pengereman cakram dengan diameter 13-inci berventilasi di depan dan drum di belakangnya.

Namun ada perbedaan mesin Ayla dan Agya untuk versi 1.0L. Mesin yang digunakan serupa, namun Agya sudah melengkapinya dengan teknologi VVT-i. Daihatsu Ayla dengan kapasitas mesin 1.0L tidak memiliki perubahan. Mobil tersebut masih belum menggunakan teknologi VVT-i.

Pada Toyota Agya 1.0L dengan teknologi VVT-i akan berpengaruh pada performa. Selain itu pengaruhnya pada efisiensi mesin kendaraan. Adanya penggunaan VVT-I pada Agya, menjadikan mobil lebih hemat konsumsi bahan bakar sampai 30 persen. Tidak hanya itu saja, tingkat getaran mesin akan lebih berkurang dengan adanya teknologi tersebut.

Interior

Jangan Sampai Tertukar, Ini Beda Ayla dan Agya

Konsep Ayla dan Agya tersebut tidak hanya memiliki perbedaan pada segi eksteriornya. Namun juga masuk ke dalam bagian interiornya. Pada desain Ayla yang tampak minimalis, namun juga mengutamakan kenyamanan penggunanya. Hal ini terasa pada bagian jok kursi belakangnya yang cukup nyaman dan dapat melipatnya.

Berbeda dengan Ayla, untuk interior Agya lebih tampak modern, stylish dan lebih fungsional. Bagian jok kursi dan juga bagasi Agya tampak terasa lebih lapang. Sehingga akan meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

Jangan Sampai Tertukar, Ini Beda Ayla dan Agya

Perbedaan interior lainnya juga terletak pada bagian head rest. Ayla terbaru belum memiliki headrest tengah untuk penumpang belakangnya. Padahal penggunaan headrest termasuk cukup penting. Tidak hanya sebagai tempat menyandarkan kepala dan menambah kenyamanan saat bepergian. Headrest juga dapat mencegah cedera kepala serius, apabila terjadi kecelakaan.

Fitur

Baik Ayla dan Agya tipe tertinggi sudah melengkapinya dengan head unit layar sentuh. Pada kedua mobil tersebut saat ini sudah memiliki center console baru. Pada bagian konsol tengahnya tersebut terdapat panel AC digital. Dengan menggantikan jenis kenop putar konvensional. Meski memiliki banyak kesamaan di bagian dalamnya. Namun mobil Toyota Agya baru memiliki beberapa keunggulan.

LCGC pertama dari Toyota ini untuk pertama kalinya hadir. Tentunya dengan adanya fitur Start-Stop Button. Hal itu memang tampak lebih mengejutkan. Fitur tersebut malah tidak dimiliki Toyota Calya. LCGC 7-seater berharga yang lebih mahal dari New Agya. Tentunya yang belum lama ini mengalami peremajaan.

Fitur Start-Stop Button ini yang hanya ada pada New Agya TRD atau varian termahalnya. Ternyata fitur ini tidak dimiliki oleh Daihatsu Ayla, meskipun tipe yang termahal sekalipun. Untuk penggantinya, Daihatsu melengkapinya pada mobil Ayla dengan kamera parkir. Fitur tersebut yang malah tidak terdapat pada Toyota Agya.

Jangan Sampai Tertukar, Ini Beda Ayla dan Agya

Untuk mobil Ayla terbaru, fitur tersebut sudah terintegrasikan adanya kamera parkir. Sehingga pengendara dapat memarkirkan mobilnya lebih aman dan nyaman. Fitur inilah sebagai salah satu kelebihan dari kendaraan LCGC Daihatsu. Apabila dibandingkan dengan Toyota Agya sebagai kembarannya.

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya tidak mengurangi fitur keselamatan mobil. Dengan menyediakan dual SRS Airbag sampai varian termurah. Sedangkan fitur keselamatan rem ABS + EBD hadir untuk melindungi pengguna kabinnya. Selain itu dengan kehadiran fitur Isofix. Fitur tersebut yang berguna memudahkan pemasangan car seat di bangku belakangnya.

Fitur Isofix ini sudah tersedia pada Toyota Agya. Sehingga akan merasakan kenyamanan lebih saat bepergian. Namun pada Daihatsu Ayla, fitur Isofix ini belum dihadirkan.

Harga

Harga kedua mobil tersebut juga memiliki perbedaan nominalnya. Untuk Daihatsu Ayla varian terendah ditawarkan seharga Rp 125 jutaan sampai varian tertingginya Rp 146 jutaan. Sedangkan untuk Agya varian terendah ditawarkan seharga Rp.134 jutaan sampai varian tertingginya Rp 151 jutaan.

Kehadiran Daihatsu Ayla dan Toyota Agya sebagai mobil LCGC terbaik. Keduanya memiliki beberapa perbedaan. Namun tetap menghadirkan konsep mobil hemat BBM dan ramah lingkungan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here