RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Toyota meluncurkan Avanza terbaru di pertengahan bulan lalu. Beberapa pembaruan dilakukan, di segi eksterior, interior juga fitur yang terkandung. Namun nampaknya, penyegaran yang dilakukan Toyota ini berfokus pada kenyamanan pengguna.

Hal ini dibuktikan dengan tiga point improvment, yaitu Refresh Exterior & Interior Design, Advance Feature dan Dynamic Improvement. Ubahan dibagian eksterior tidak terlalu banyak, terletak dibagian bumper depan, belakang juga bentuk lampu. Sedangkan pembaruan yang lebih kental terasa justru dibagian kabin.

Lantas hal apa saja yang membuat Avanza terbaru lebih nyaman? Berikut ulasannya :

1. Settingan Suspensi Baru

New Toyota Avanza

Masalah kenyamanan saat berkendara memang tergantung dari bagaimana kontur jalan juga settingan mobil itu sendiri. Menyadari hal itu, Toyota melakukan improvment dibagian suspensi. Setidaknya ada tiga bagian kaki-kaki yang mendapat ubahan.

Pertama yaitu bushing strut bar, bushing swing arm, serta bushing laterial rod. Pembaruan ini juga dilengkapi dengan bentuk coil spring yang kini dibuat lebih kecil. Hal ini tentu bertujuan untuk meminimalisir guncangan saat berkendara di jalan dengan kontur yang kurang baik.

2. Improvment Electric Power Steering

New Toyota Avanza

Kenyaman bagi pengendara juga jadi perhatian Toyota. Hal ini dibuktikan dengan ubahan dibagian Electric Power Steering. Hal ini dilakukan guna menghadirkan handling yang lebih baik.

Caranya yaitu dengan memperbaiki sistem kerja electronic power steering (EPS) di New Avanza. Sistem kerja teknologi ini di atur ulang sehingga menghasilkan sistem kerja yang berbeda dari model Avanza sebelumnya. Pengaturan ulang ini membuat kemudi terasa lebih berat saat mobil melaju dalam kecepatan lebih dari 70 km/jam.

Toyota Avanza

Sedangkan saat mobil melaju di kecepatan rendah, kemudi akan terasa ringan. Ini sudah jelas membuat pengendara dapat lebih mudah dalam melakukan kontrol new Toyota Avanza

3. Tambah Peredam, Kabin Toyota Avanza Lebih Senyap

Setidaknya ada tiga pembaruan di New Toyota Avanza. Hal ini membuat Avanza terbaru lebih kedap suara dibanding model sebelumnya. Bahkan dikatakan Didi Ahadi, Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), improvment yang dilakukan membuat Avanza lebih senyak 1 sampai 2 dB.

Meski secara angka kecil, namun menghasilkan kabin yang memang lebih kedap. Sebelumnya, Avanza memiliki angka 49 dB dalam hal kekedepan kabin. Kini menjadi 79 dB. Sedangkan untuk pembaruannya yaitu adanya karet tambahan dibagian firewall yang ada dibawah transmisi serta dek belakang.

Toyota Avanza

Bagian tersebut kemudian dipasang tambahan insulator yang membuatnya lebih kedap. Hal tersebut tentu memberikan kenyamanan bagi pengguna. Sebab suara dari luar dapat diminimalisir ke dalam kabin.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here