RAJAMOBIL.COM, Jakara – Dua pabrikan Jepang, Toyota dan Daihatsu akan merilis SUV kompak berbasis Daihatsu DN Trec concept dengan nama Toyota Rise dan Daihatsu Rocky. Mobil diperkirakan bakal debut di Jepang pada November 2019.

Dilansir dari Autocarindia, mobil berpenggerak empat roda itu memiliki dimensi panjang 3,98 meter, lebar 1,69 meter, dan tinggi 1,60 meter. Jarak tempuh roda mencapai 2.525 mm. Ground clearance mobil ini akan ditingkatkan untuk dapat mengimbangi kompetitor Suzuki Jimny dengan pengaturan penggerak pilihan dua dan empat roda.

Gunakan Platform TNGA, Toyota Resmi Merilis Yaris Generasi Terbaru

Sistem 4WD dalam varian top-spec akan memungkinkan untuk bantuan mengemudi elektronik dan karakteristik off-road.

Di bagian eksterior, mobil tampil dengan gaya kokoh berkat lampu depan LED yang mirip Toyota Corolla Altis terbaru dan lampu kabut LED, atap hitam, serta bodi warna hitam di kedua bumper dan samping.

Di bagian interior, kabin mendapat sentuhan warna merah dan sistem layar sentuh di tengah dashbor perak dan merah. Kluster instrumen digital berada di belakang setir yang tidak terlihat seperti mobil konsep, menunjukkan setir yang dikenakan pada model spek produksi massal.

Toyota Luncurkan Sienta Terbaru Tanpa Euforia

Mengenai mesin, baik Toyota Rise maupun Daihatsu Rocky akan dibekali dengan 1.0 L, 3-silinder 1KR-FE yang dikawinkan dengan transmisi girboks CVT dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 97 HP pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 rpm – 4.000 rpm.

Sekilas mengenai Daihatsu Rocky, mobil ini merupakan generasi penerus dari Daihatsu Taft yang diberi kode F75. Daihatsu Rocky diluncurkan pertama kali pada tahun 1988 dan memiliki atap removable yang terbuat dari resin dengan medium-wheelbase. Mesin yang digunakan adalah mesin diesel DL42 2.8L (2765 cc) dengan transmisi empat percepatan.

Mesin Taft Rocky sudah menggunakan timing belt sebagai penggerak katup dan injeksi rotari. Baru lah pada tahun 1992, Taft Rocky disematkan tranmisi 5 percepatan. Dalam perjalanannya, melewati berbagai fase facelift, pada tahun 1995, Taft Rocky atau F75 dipensiunkan.

Sementara itu, di beberapa negara, Daihatsu Rocky kerap disebut sebagai Fourtrak. Namun di Indonesia, Rocky pernah populer pada SUV Boxy atau lebih dikenal dengan Daihatsu Taft Rocky pada dekade 1980-an sampai 1990-an akhir.

Penjualan Daihatsu Agustus 2019 Tembus 13.696 Unit, Sigra Jadi yang Terlaris

Lalu, pada tahun 1997 Daihatsu memperkenalkan generasi penerus dari Rocky, yakni Terios. Dan pada November tahun ini, mobil rencananya akan kembali diluncurkan dengan nama Daihatsu Rocky dengan kembarannya Toyota Rise.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here