RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Indonesia kini memiliki jajaran kabinet baru. Mereka baru saja dilantik Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu dan mulai bekerja hingga tahun 2024 mendatang. Berbagai tugas telah menunggu para Menteri untuk dapat bekerja demi kemajuan bangsa.

Dalam menunjang kinerja para Menteri di jajaran kabinet baru, pemerintah telah menyetujui armada yang bakal digunakan untuk mobilitas mereka. Kendaraan tersebut ialah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid.

Promo Toyota Spektakuler, Punya Pilihan DP dan Cicilan Mobil Terjangkau

Mobil ini merupakan salah satu line up jajaran kendaraan elektrifikasi Toyota yang ramah lingkungan. Sedan ini menggantikan model sebelumnya Toyota Crown Royal Saloon yang telah mengabdi selama 1 dekade antara tahun 2009 – 2019.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto menyatakan pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah terhadap salah satu produk andalannya tersebut. Ia berharap, penggunaan mobil tersebut dapat mewujudkan percepatan penggunaan kendaraan ramah lingkungan di tanah air.

“kami berharap dapat mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Sekaligus meyakinkan masyarakat atas keseriusan pemerintah dalam mempercepat pengembangan kendaraan listrik dalam industri otomotif nasional,” kata papar Henry.

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid merupakan bagian dari generasi ke-15 Toyota Crown yang mulai dihadirkan pada tahun 2018 lalu. Sedan mewah ini telah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang mengusung 3 pilar, yakni Agility, Stability, dan Visibility.

Toyota Crown G-Executive

Bulan Depan, Toyota dan Daihatsu Akan Rilis SUV Terbaru

TNGA berfungsi dalam memperkuat struktur sasis, guna meningkatkan performa kendaraan hingga titik terbaiknya. Teknologi ini juga menonjolkan keunikan fitur setiap model, agar dapat mempertegas daya pikatnya. Sehingga selalu tampil berkharisma, berpadu dengan keamanan, kenyamanan dan efisiensi yang optimal.

Tampilan exterior, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid tampak dengan desain grille besar yang mengintrusi bumper depan, logo mahkota dengan aksen berwarna biru sebagai simbol kendaraan ramah lingkungan, deretan lampu LED dengan desain futuristik baik di area depan maupun di belakang, serta penggunaan velg alloy ukuran 18 inci.

Untuk dapur pacunya, mobil ini menggunakan mesin berkode A25-FXS dengan kapasitas 2.487 cc 4 silinder Dynamic Force Engine menghasilkan power maksimum 184 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 221 Nm pada 3.800-5.400 rpm.

Untuk tenaga listrik, Toyota Crown mengaplikasikan electric motor dengan power 143 PS dan torsi 300 Nm sejak pedal gas diinjak. Menggunakan transmisi Electronically Controlled CVT, sedangkan baterai memakai jenis Nickel-metal Hydride (Ni-MH).

Gunakan Platform TNGA, Toyota Resmi Merilis Yaris Generasi Terbaru

Untuk melindungi para Menteri, mobil ini menggunakan fitur safety seperti Pre-Collision System (PCS) untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil seperti pejalan kaki dan pesepeda. Fitur berikutnya adalah Lane Departure Alert (LDA) yang akan memberikan peringatan dan membantu mengkoreksi kemudi jika mobil melebar hingga memotong jalur dari posisi seharusnya di jalan.

Ada juga Automatic High Beam (AHB) yang akan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan jarak dan daya pandang pengemudi dan mengembalikan ke lampu utama ketika terdeteksi ada kendaraan di depan. Sementara fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman saat cruising di jalan tol.

Selain itu, terdapat pula fitur Blind Spot Monitor (BSM) sebagai peringatan ketika ada kendaraan lain di area blind spot mobil dan Tire Pressure Warning System untuk memantau tekanan angin ban dan memberitahu jika ada yang kurang. Lantas berapa bandrol sedan mewah ramah lingkungan ini? Bila dilihat dari situs PT Toyota Astra Motor (TAM), Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid dibandrol Rp 800 jutaan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here