Menjajal Perfoma Mesin Turbo dan Fitur Volkswagen Polo 1.2 TSI

Widiastra

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Produsen mobil Volkswagen tergoda meluncurkan city car berbanderol murahnya ke pasar Indonesia di tahun 2015, Polo 1.2 TSi. Mobil tersebut hadir dengan kelebihan di bagian mesin yang menggunakan turbo sebagai andalannya,

Hadir dengan desain kompak, kehadiran Volkswagen Polo 1.2 TSi di Indonesia menjadi pesaing Honda Jazz, Toyota Yaris dan Mazda2. Sebelumnya, VW Golf yang dipasarkan di Indonesia hadir dengan menggunakan mesin normally aspirated berkapasitas 1.4 liter.

Mobil yang dipasarkan PT Garuda Mataram Motor sebagai agen pemegang merek Volkswagen di Indonesia memiliki beberapa keunggulan seperti tampilan yang dinamis serta bentuk yang spoty.

Meski terlihat memiliki dimensi lebih kecil dibanding VW Polo lainnya, namun Polo 1.2 TSi tetap memiliki ruang yang cukup luas di dalam kabinnya. Berbagai fitur dan sistem keamanan khas mobil Eropa seperti lampu kabut, serta desain dashboard dan kemudi yang didesain untuk memudahkan pengemudi dalam memfungsikan fitur yang ada di dalam mobil ini.

Eksterior Berjiwa Muda Yang Dinamis dan Sporty.

Pada bagian eksterior, seperti yang dikatakan sebelumnya, mobil ini terlihat memiliki desain yang kompak. Logo VW di bagian depan begitu menonjol dan didesain berada di bagian tengah dari grill.

Widiastra
Widiastra

Sementara desain grill bergaris horizontal diberikan sedikin aksen krom yang membuat terlihat padu pada bagian depan. Pada bagian bawah yang jadi tempat aliran udara juga dipermanis dengan lapisan krom.

Uniknya, pada bagian spion mobil ini hadir dengan warna hitam dan dibuat tidak padu dengan warna bodi. Pada bagian penerang, VW masih menggunakan hologen pada Polo 1.2 TSi dan masih belum menggunakan lampu DRL.

Sementara untuk menambahkan penerangan terdapat lampu kabut dibagian bawah. Bergerak kebagian samping, VW meletakan velg alloy berukuran 16 yang berdesain sederhana bewarna silver.

Sementara untuk bagian pengereman masih menggunakan model cakram pada bagain depan sementara di belakang mengandalkan tromol. Sebagai informasi, mobil ini memiliki dimensi panjang 3.970 mm, lebar 1.682 mm dan tinggi 1.453 mm

Beralih kebagian belakang, terdapat pula logo VW yang unik, karena dapat juga difungsikan sebagai tuas pembuka pintu belakang. Selain itu di bagian belakang juga terdapat lampu kabut serta spoiler di bagian atas yang diberikan warna hitam.

Kabin Nyaman dengan Fitur Sederhana

Masuk kedalam kabin, hal yang tersirat pertama kali ialah desain dashboard yang didesain sederhana. Saat duduk di bagian bangku pengemudi, terasa nyaman karena VW mendesainnya dengan ergonomis.

Widiastra
Widiastra

Dengan tinggi 178 cm, bangku di baris depan masih terasa nyaman saat berkendara dan bangku bagian depan juga mudah di atur untuk memberikan rasa nyaman, namun sayang pengaturan masih manual belum menggunakan sistem elektrik dan menggunakan fabrik

Sementara penggunaan bahan dashboard mobil yang dibuat VW di India ini masih terbilang menggunakan bahan yang berbeda ketimbang mobil VW lainnya. Bahan tersebut terlihat murah, hal tersebut sebanding dengan harga yang dibandrol VW pada mobil ini.

Dengan desain minimalis, VW melengkapi mobil ini dengan sistem hiburan yang sudah dilengkapi dengan audio RCD 320 G dengan fitur SD card, CD player, USB/iPod interface dan konektivitas Bluetooth.

Di bagian kemudi terdapat fitur tilt and telescopic yang dapat mempermudah pengmudi melakukan pengaturan pada kemudi. Hal tersebut memberikan kemudahan pada kami saat ingin melakukan pengaturan tinggi, maju dan mundur pada kemudi.

Produsen mobil asal Jerman ini juga terlihat menyematkan beberapa tombol seperti pengaturan audio, panggilan telepon dan tombol informasi dari MID yang dibuat menyatu dengan speedometer.

Uniknya, pengaturan lampu depan tidak terletak pada bagian tuas dibawah kemudi, melainkan terdapat lingkaran di bagian kanan kemudi.

Bagian kabin total terdapat enam cup holder yang dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan tempat minum saat melakukan perjalanan jauh. Sementara saat duduk dibagian kursi belakang, kesan sempit terasa.

Hal tersebut karena jarak tandem distance (posisi lutut penumpang baris kedua ke jok baris pertama) tidak lapang seperti bangku baris pertama dengan tinggi 178 cm. Konsekuensinya ialah tercipta ruang bagasi yang lapang pada bagian belakang.

Performa Mesin Yang Luar Biasa

Widiastra
Widiastra

Pada bagian mesin, mobil ini menggunakan mesin Volkswagen TSi (Turbo Stratified Injection). Mesin tersebut mampu menghasilkan mesin 108 dk dan torsinya 175 nm.

Saat duduk dibagian pengemudi dan menyalakan mesin, tidak terdengar raungan mesin dari bagian kabin. Tanpa pikir panjang, kami langsung memindahkan tuas perseneling ke posisi D.

Saat mulai melaju perlahan, mobil masih terasa berat. Namun saat mulai melaju dengan kecepatan sedang, VW yang menggunakan transmisi otomatis DSG 7 percepatan membuat perpindahan gigi terasa halus dan tidak terdapat hentakan saat perpindahan gigi.

Selanjutnya, melaju pada kecepatan tinggi, baru terasa teknologi turbo yang disematkan dan menjadi andalan VW pada mobil ini. Mobil terasa responsif dengan laju yang tidak limbung meski dalam kecepatan 100 km/jam.

Sementara saat menjajal performa dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam dengan 2 penumpang di dalamnya, membukukan waktu 11 detik. Selain itu, terdapat juga mode Sport yang bisa digunakan oleh para penyuka kecepatan.

Saat kami gunakan, putaran rasio tinggi langsung terasa. Bahkan kami sanggup mencapai 140 km/jam di jalan bebas hambatan dengan menggunakan mode Sport tersebut.

Sayangnya, mobil ini masih belum dilengkapi dengan paddle shift yang kerap ditemui pada jajaran mobil Eropa lainnya. [yog]

Tertarik memiliki mobil Volkswagen ini? Segera dapatkan penawaran menarik di sini !

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here