8 Fitur Ini Bakal Hilang dari Mobil

yogi megah perkasa

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Telah banyak yang berubah dalam hal teknologi dan fitur yang disematkan pada mobil dalam beberapa tahun terakhir. Lalu, fitur apa saja yang bakal tak lagi dipakai pada mobil dalam beberapa tahun ke depan?

Perubahan radikal pada fitur yang disematkan pada kendaraan tak lepas dari kemajuan teknologi yang sangat pesat belakangan ini. Seperti dilaporkan Autoguide, teknologi canggih yang berlaku saat ini akan secara perlahan melenyapkan sejumlah fitur yang ada selama ini. Apa saja?

1. CD Player

yogi megah perkasa
yogi megah perkasa

Dulu mungkin kita mengalami mengendarai mobil dengan pemutar CD yang memiliki banyak tray atau rak, tapi belakangan semakin banyak model kendaraan yang bahkan dilengkapi pemutar CD sama sekali. Berkat konektivitas Bluetooth, USB dan auxiliary port, maka memutar musik bisa dilakukan dari ponsel pintar dan gadget lainnya. Perlahan tapi pasti, pemutar CD bakal hilang dari mobil modern dalam waktu yang tak terlalu lama.

2. Rem tangan

yogi megah perkasa
yogi megah perkasa

Rem tangan tarik atau injak sepertinya fitur yang bakal hilang juga dari mobil modern untuk diganti dengan rem tangan elektris yang dioperasikan cukup dengan menekan tombol. Salah satu model kendaraan yang sudah mengadopsi teknologi ini adalah Mitsubishi Pajero Sport. Secara fungsi masih sama, tapi cara pengoperasiannya saja yang berbeda.

3. Tuas persneling

Di tengah makin tersisihnya tuas persneling oleh persneling matik, tuas pemindah gigi tradisional ini tampaknya juga bakal tak lagi digunakan untuk mobil masa depan. Sebagai gantinya, pemindahan gigi akan dilakukan melalui tombol atau paddle shifter yang diletakkan di lingkar kemudi.

4. Cluster Spidometer

yogi megah perkasa
yogi megah perkasa

Klaster yang memuat spidometer dan odometer serta pengukur lainnya bakal tak lagi dipakai untuk mobil masa depan. Semua informasi, baik informasi kecepatan, jarak tempuh, kondisi mesin dan komponen lainnya, nantinya akan ditampilkan pada layar yang diletakkan di depan pengemudi. Layar ini bisa disesuaikan konten informasinya sesuai dengan kebutuhan pengemudi, yang bisa dimasukkan juga navigasi. Beberapa model mobil, seperti Audi, bahkan sudah dilengkapi dengan layar besar di depan pengemudi, yang menampilkan beragam informasi dan navigasi.

5. AWD murni

Mobil berpenggerak empat roda atau AWD memang sangat mumpuni dalam melibas lintasan licin atau melintasi medan berat. Tapi sistem AWD penuh sepertinya akan segera ditanggalkan. Pabrikan lebih memilih sistem penggerak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, ada sistem bernama “slip and grip”, yang menyalurkan tenaga hanya ke satu as roda, biasanya roda depan, untuk mendapatkan tambahan daya cengkeram ban. Tapi setelah daya cengkeram didapat, maka tenaga tak perlu disalurkan ke semua roda agar bahan bakar tak boros.

6. Kunci

ist
ist

Sebagian mobil modern saat ini tak lagi dilengkapi kunci untuk akses keluar masuk atau untuk menghidupkan mesin. Untuk akses masuk, pemilik hanya tinggal menekan tombol kecil di pembuka pintu beberapa detik sampai kunci terbuka. Dan untuk menghidupkan mesin dilakukan dengan memencet tombol stop/start yang terletak di dashboard. Tapi syaratnya, pengemudi harus membawa key fob (semacam gantungan kunci berisi beragam kode) untuk mengakses kendaraan. Jika key fob tak dibawa atau jauh dari kendaraan, maka pintu tak dapat dibuka.

7. Spion

Spion tengah telah menjadi fitur keselamatan pada mobil untuk jangka waktu yang lama, dengan hanya dilakukan sedikit modifikasi agar lebih aman bagi pengemudi dalam berkendara. Ke depan, fungsi spion akan digantikan oleh kamera dan sensor, yang akan diproyeksikan ke layar infotainment di dashboard atau head up display di kaca depan.

8. Tombol fisik

Dengan kehadiran layar infotainment sentuh, sejumlah pabrikan otomotif mulai menghilangkan tombol-tombol pengatur pada produk terbaru mereka. Pada mobil modern mendatang, segala pengaturan, seperti volume audio, AC dan lainnya akan dikendalikan melalui layar sentuh di dashboard. Bahkan sudah ada layar yang bisa merespons gerakan tangan, seperti yang diterapkan pada model kelas atas BMW. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here