RAJAMOBIL.COM – Keberadaan kamera belakang pada mobil menjadi hal yang telak bagi pengemudi untuk memudahkan dalam hal mengendalikan mobilnya ketika mundur atau memarkir agar tak terbentuk obyek yang ada di belakangnya.

Oleh sebab itu, jika kita masih merasa kesulitan dalam memarkir mobil, tentunya keberadaan kamera belakang sangat diperlukan. Hanya saja masih banyak dari kita yang belum paham betul cara memasang kamera mundur yang baik dan benar.

Cara memasang kamera mundur bisa dianggap gampang-gampang susah. Karena pemasangan kamera belakang memiliki rangkaian yang harus bisa ditata sedemikian rupa agar kamera bisa berada pada posisi yang pas.

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mempersiapkan kamera parkir, jangan lupa untuk memilih kamera yang memiliki braket sehingga nantinya akan lebih mudah dalam proses pemasangan.

Kedua, ulurlah kabel dari monitor. Kita juga perlu untuk memasang power kamera dan layar LCD yang nantinya akan disambungkan melalui reserve switch. Hal ini dilakukan agar pada saat masuk gigi mundur, akan membuat kamera dan layar LCD menyala dengan sendirinya.

Jika sudah, buka tutup pintu belakang dengan melepaskan penguncinya yang berbahan plastik. Masukkan segera kabel kamera dari luar dan sambungkan dengan kabel video yang dari arah LCD. Atau kita bisa mengambil kabel power dari lampu mundur atau stop lamp.

Berikutnya, posisikan kamera dengan penempatan yang sesuai dengan keinginan. Umumnya posisi pemasangan kamera berada di atas plat nomor. Lakukan pengecekkan untuk mengetahui posisi sudut pandang yang tepat dengan menghidupkan mesin dan posisikan pada gigi mundur.

Apabila posisi sudut pandang dirasa sudah pas, selanjutnya kita bisa memasang kamera menggunakan double tape, baut, dan kabel tis, agar posisi kamera berubah-ubah.

Dari beberapa penerapan cara pasang kamera mundur diatas, pastinya langkah-langkah tersebut bisa kita terapkan sendiri dengan mudah. Hanya saja bagi yang masih bingung, bisa meminta bantuan dari mekanik yang ahli.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here