Toyota Ragukan Masa Depan Mobil Listrik

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Toyota memprediksi kendaraan bertenaga listrik akan menghadapi kendala infrastruktur di masa depan.

Berbeda halnya dengan mobil hidrogen. Para pendukung mobil listrik mengklaim jika infrastruktur pengisian baterai telah meningkat dan waktu pengisian baterai lebih singkat, maka kendaraan listrik menjadi pilihan paling pas untuk mobil bermesin konvensional.

Tapi kepala insinyur yang mengembangkan mobil fuel cell hidrogen Toyota Mirai, Yoshikazu Tanaka, tak setuju dengan pendapat para pendukung mobil listrik itu. Menurut Tanaka, waktu pengisian baterai cepat justru akan menimbulkan masalah baru.

“Jika Anda mengisi ulang baterai mobil selama 12 menit untuk jarak tempuh 500 km, misalnya, Anda mungkin akan membutuhkan daya listrik setara untuk mengalirkan listrik ke 1.000 rumah,” kata Tanaka seperti dilansir Automotive News. 

Itu artinya, pemakaian daya yang begitu besar akan membebani pasokan listrik untuk keperluan harian, yang tentunya akan membutuhkan bahan bakar dalam jumlah besar untuk pembangkit listrik. Dengan demikian, niat utama untuk menghijaukan langit menjadi sia-sia.

Tapi Tanaka tak menampik bahwa mobil listrik memang alternatif bagus untuk mengurangi pemakaian minyak fosil. Hanya saja, mobil listrik akan lebih baik jika pengisian baterai dilakukan semalaman untuk digunakan pada siang hari dengan jarak tempuh  tak terlalu jauh. Tapi bila mengisi baterai siang hari, waktu akan habis tersita hanya untuk menunggu kendaraan yang tengah mengisi baterai.

Jadi selain masalah ketersediaan pasokan listrik, waktu pengisian baterai yang efektif juga akan menjadi ganjalan untuk mobil listrik di masa mendatang. Untuk itu, Tanaka yakin hidrogen akan menjadi solusi yang lebih baik untuk mengurangi emisi udara.

Ia menyebutkan, hidrogen bisa dihasilkan dari beragam sumber berbeda, seperti rumput laut, salah satu bahan yang menjadi sumber pasokan hidrogen untuk satu stasiun pengisian hidrogen di wilayah Jepang selatan. Stasiun itu mampu mengisi kebutuhan hidrogen untuk sekitar 70 unit Mirai sehari.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here