Siapa Unggul Antara KIA Carens dan Honda Freed?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Turun di kelas MPV, pabrikan otomotif asal Korea Selatan, KIA, sadar bahwa kelas ini dikuasai pabrikan asal Jepang seperti Toyota dan Honda.

Menurunkan All New Carens sebagai pemain utama kelas MPV, KIA harus melewati hadangan Toyota Kijang Innova dan Honda Freed. Tampil dengan desain ala Eropa yang sangat kental beserta fitur-fitur modern di dalamnya, All New KIA Carens ‘mestinya’ tidak mengalami kesulitan menghadapi kompetitor utamanya di rentang harga di bawah Rp300 juta.

Bukan untuk head to head langsung dengan penguasa kelas MPV, Toyota Kijang Innova, namun kali ini All New KIA Carens coba kami komparasikan lebih dulu dengan Honda Freed, yang baru mendapatkan facelift pada 2014 dan juga melihat sisi harga, keduanya yang tidak terpaut jauh.

All New KIA Carens hadir dengan tampilan yang benar-benar modern atau jauh lebih elegan dan berkelas dari model lawasnya. Eksterior MPV asal Korsel ini tampil dinamis dengan lekuk-lekuk khas mobil Eropa ternama. Bukan tanpa sebab desain mobil-mobil KIA terbaru sangat kental rasa Eropa, ini berkat tangan dingin Peter Schreyer sang mantan bos desainer Audi.

Masih mengusung tampilan berkelas berkat gril tiger nose-nya, wajah All New Carens juga ditunjang bentuk headlamp yang ‘sangar’ dan sudah dilengkapi HID projection headlamp dengan manual adjuster yang dapat diatur ketinggian penerangannya. Lampu depan mobil asal Korsel ini juga telah dibekali cornering lamp. Fungsi dari lampu ini adalah menerangi sisi samping ketika mobil berbelok, dan juga membantu si pengemudi untuk mengetahui medan dan kontur jalan yang dilalui.

Beralih ke tampilan belakangnya, All New KIA Carens juga tidak kalah cantiknya dengan tampilan menyerupai SUV, lebih tepatnya saudara senegaranya, Hyundai Tucson, meski dengan dimensi lebih kecil tentunya. Kesan sporty juga diperkuat dengan penggunaan velg 16 inci untuk mobil MPV yang memiliki ukuran panjang 4.212 mm, lebar 1.805 mm, dan tinggi 1.610 mm ini. Singkat kata, tampilan All New Kia Carens bisa dibilang ‘Eropa Banget’.

Beralih ke Honda Freed Facelift 2014. Mobil keluarga generasi terbaru Honda ini kini hadir lebihstylish dan fitur lebih lengkap. Dari tampilan depannya, Honda Freed Facelift 2014 ini kini memiliki model gril baru yang kembali ke model pertama dengan tiga bilah krom, namun dibuat lebih besar.

Untuk Honda Freed tipe S kini sudah dilengkapi dengan fog lamp seperti varian tertinggi tipe E. Perbedaan paling kentara dari Honda Freed Facelift 2014 adalah pada bodi belakangnya yang kini membawa desain lampu belakang baru dengan housing lamp krom yang lebih futuristik.

Ada juga tambahan kamera mundur di bawah license plate garnish pada tipe Honda Freed Facelift 2014 tipe E.  Selebihnya, Honda Freed facelift bisa dibilang minim perubahan namun tetap masih tampil kompak, mewah dan berbeda dari MPV milik kompetitor berkat penggunaan sliding doorelektrik di bagian tengahnya. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here