Duel Toyota Etios Valco vs Hyundai Grand i10

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Ikut nimbrung di segmen city car yang sesak, Toyota mengandalkanEtios Valco untuk bersaing dengan KIA Picanto,Hyundai Grand i10, Honda Brio, Suzuki Splash dan Mitsubishi Mirage.

Tanpa seremonial khusus, Toyota baru-baru ini menghadirkan penyegaran atau bisa dibilangfacelift untuk Etios Valco. Hadir dengan perubahan eksterior dan interior yang tidak signifikan, Toyota Etios Valco juga masih minus varian transmisi otomatis.

Toyota Etios Valco hadir pertama kali di Indonesia pada Maret 2013. Selama 2013 hingga kini, Toyota Etios Valco terjual 12.000 unit. Toyota Etios Valco secara konsisten berhasil menjadi salah satu kendaraan hatchback yang diperhitungkan di Indonesia dengan pangsa pasar melebihi 20%.

Menghadapi persaingan ketat di kelas city car, Toyota Etios Valco facelift sudah ditunggu lawannya asal Korea Selatan, yakni Hyundai Grand i10. Seperti apa persaingan keduanya? Berikut ulasannya.

Membahas eksteriornya, untuk varian G dan E tampilan Etios juga dilengkapi kehadiran radiatorgrille dengan krom berdesain anyar, dan tambahan radiator grille with dark-silver paint untuk varian JX. Ada juga penambahan electric outer mirror untuk makin memudahkan pengemudi mengatur posisi kaca spion samping dengan nyaman tanpa harus ribet.

Selain itu, untuk menyegarkan tampilannya, Toyota Etios Valco memiliki pilihan warna baru, yaitu Red Mica Metallic, seperti halnya Toyota Agya facelift. Selebihnya tampilan Toyota Etios Valco facelifttidak ada yang berbeda. Masih mengusung tema Bold Simplicity, Toyota Etios Valco memiliki panjang 2.460 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.510 mm, yang menampilkan garis-garis sederhana di bagian bodinya.

Beralih ke Hyundai Grand i10. Hyundai Grand i10 hadir dengan tampilan lebih segar dari pendahulunya berkat ubahan bodi bagian depan dan belakang yang kini lebih dinamis. Untuk bagian depan, Hyundai i10 sudah disertai foglamp dengan tambahan stripe LED DRL (Daytime Running Light). Ini menjadi nilai plus tersendiri untuk city car Hyundai Grand i10 dibanding Toyota Etios Valco.

Sedangkan untuk tampilan belakangnya pun tak kalah apiknya karena ditunjang model lampu belakang sporty dengan tambahan chrome outline. Tampilan sporty Hyundai Grand i10 juga ditunjang velg 14 inci dengan model palang 8. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here