Akankah Mobil Apple Lahir Lima Tahun Lagi?

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Lima tahun ke depan mungkin Anda bisa berkendara sambil mengutak-atik iPhone tanpa harus memegang kemudi, sementara putra putri Anda asyik bermain iPad. Itu adalah bayangan ketika Apple benar-benar mewujudkan mimpinya dengan melahirkan mobil otonom.

Laporan terbaru dari Bloomberg menyebutkan, Apple Inc. berharap dapat menghasilkan mobil sendiri pada 2020. Juga disebutkan bahwa raksasa teknologi ini tengah sibuk menggarap proyek mobil otonom. Kabarnya mobil milik Apple akan resmi meluncur di jalan raya tiga tahun setelah General Motors dan Tesla mulai memasarkan mobil listrik berharga terjangkau.

GM telah memperkenalkan kendaraan listrik konsep bernama Bolt pada Januari 2015, yang akan dihargai di bawah US$40.000. Demikian juga dengan Tesla yang akan memproduksi Model 3, mobil listrik entry level yang dari sisi harga dan jarak tempuh sama dengan Chevrolet Bolt.

Di tengah merebaknya rumor seputar rencana Apple memasuki bisnis otomotif, mantan eksekutif GM Dan Akerson, menyatakan pesimismenya terhadap ambisi Apple untuk dapat bersaing dalam produksi mobil global. Di sisi lain, CEO Apple, Tim Cook kini dalam tekanan untuk mengembalikan imbal hasil kepada para pemegang saham Apple.

Tahun lalu divisi litbang Apple telah membelanjakan US$6,04 miliar hingga US$178 miliar. Sementara itu, rival berat Apple di dunia maya dan teknologi smartphone, khususnya sistem operasi (OS), yakni Google, saat ini sibuk mengembangkan mobil otonom yang juga diharapkan lahir ke dunia dalam lima tahun mendatang. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here