FCA Ingatkan Konsumen Soal Akal Bulus Diler

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Fiat Chrysler Automobiles (FCA) memperingatkan konsumen agar lebih berhati-hati ketika akan membeli mobil di diler, karena ada potensi dibohongi.

Aksi membohongi konsumen kerap dilakukan diler demi menjaring lebih banyak konsumen, terutama terkait ketersediaan unit kendaraan, tipe dan warna kendaraan, waktu inden dan uang tanda jadi. Praktik seperti itu juga kerap ditemukan di Tanah Air, terutama mengimingi konsumen inden lebih cepat dengan menambah uang tanda jadi lebih besar, meski sebenarnya unit kendaraan belum ada, atau ada tapi warna dan tipe tak sesuai pilihan.

Untuk jaringan di bawah FCA, saat ini model paling banyak dicari konsumen AS adalah Dodge Challenger dan Charger SRT Hellcat. Di sini ditengarai mulai timbul praktik ilegal di kalangan tenaga penjual.

Wakil Presiden Bidang Komunikasi FCA Gualberto Ranieri menengarai ada beberapa diler yang telah menerima pesanan tanpa memperhatikan ketersediaan unit kendaraan. Atau tanpa menyarankan konsumen mereka bahwa pesanan kemungkinan belum bisa terpenuhi, atau kalau pun ada bakal lebih lama waktu indennya.

Dodge, seperti dilansir Detroit News, menyatakan tengah mencoba setransparan mungkin terkait waktu inden dan ketersediaan model Hellcat, sehingga pihak diler akan selalu dapat menyesuaikan jumlah pesanan dengan stok kendaraan. Model ini telah menjadi tulang punggung penjualan Dodge.

Dodge melakukan cara ini agar terhindar praktik curang di kalangan diler, yaitu menimbun model populer untuk kemudian ditawarkan kepada konsumen dengan harga lebih tinggi. Praktik curang itu juga berpotensi memperlambat penjualan kepada konsumen, karena penjual nakal baru mau melepas barang kepada mereka yang mau membayar lebih tinggi.

Ranieri juga meminta konsumen menanyakan sejumlah hal penting kepada diler sebelum melakukan pemesanan untuk model Hellcat, seperti apakah harus membayar uang tanda jadi, dan apakah uang tanda jadi itu dapat ditarik kembali jika waktu inden meleset dari yang telah disepakati. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?