Alcoa Pinjam Rp3,3 Triliun dari Pemerintah AS

RAJAMOBIL.COM, Washington – Perusahaan pemasok komponen otomotif asal AS, Alcoa, akan mendapatkan pinjaman senilai US$259 juta (Rp3,3 triliun) dari Departemen Energi AS (DOE).

Pinjaman sebesar itu akan digunakan Alcoa untuk meningkatkan kapasitas produksi lembaran aluminium otomotif, demikian seperti dilaporkan Washington Post.

Pinjaman untuk Alcoa itu akan menjadi yang pertama kalinya sebuah perusahaan pemasok komponen mendapatkan akses terhadap dana Advanced Technology Vehicles Manufacturing (ATVM) yang bernilai US$25 miliar. Dana ATVM yang dibentuk pada era pemerintahan Presiden George Bush ini dimaksudkan untuk memberikan pendanaan bagi perusahaan yang membutuhkan dalam pengembangan teknologi kendaraan terbaru.

Selama ini pabrikan otomotif yang pernah mendapatkan pinjaman dari ATVM adalah Tesla, Nissan, Ford dan Fisker. Alcoa, salah satu pemasok utama Ford untuk lembaran aluminium yang digunakan untuk struktur bodi New F-150, berencana memanfaatkan mayoritas dari pinjaman itu untuk mendanai ekspansi pabrik di Tennessee.

Alcoa memulai ekspansi pabrik pada 2013, tapi kabar mengenai pinjaman ATVM ini muncul tak lama setelah Ford mengumumkan bahwa lini produksi kedua untuk memproduksi F-150 sudah siap digunakan. Artinya, Ford akan siap memproduksi lebih banyak F-150, sehingga akan membutuhkan lebih banyak pasokan lembaran aluminium dari Alcoa. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here