Perlukah Menguras Minyak Power Steering?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Mengganti minyakpower steering biasanya tak masuk dalam daftar pemeliharaan rutin dan hanya mengandalkan jadwal yang dianjurkan pabrikan.

Tapi sebenarnya Anda bisa melakukan pemeriksaan rutin setiap bulan. Toh tak sulit untuk memeriksanya, karena biasanya tabung reservoirberwarna putih agak transparan sehingga bisa terlihat tanpa harus membuka tutupnya jadwal rutin. Anda juga perlu mewaspadai bila suatu saat mekanik meminta Anda untuk melakukan penggantian minyak power steering karena menurut mekanik ‘nakal’ itu minyak sudah berubah menjadi lebih gelap.

Jika itu oli mesin atau oli transmisi, mungkin apa yang dikatakan mekanik itu benar bahwa minyak atau oli harus diganti dan di-flush sebelum diganti dengan oli baru. Tetapi untuk minyak power steering itu berbeda, yaitu berubahnya warna minyak menjadi lebih gelap belum berarti kondisinya sudah buruk.

Sebelum Anda membayar mahal untuk jasa dan penggantian minyak power steering baru, lebih baik lihat dulu buku petunjuk atau jadwal pemeliharaan yang tertera. Mungkin Anda tidak akan menemukan kalimat yang menyebutkan penggantian minyak power steering. Yang Anda perlukan hanyalah memeriksa ketinggian minyak power steering dalam tabung reservoir sesuai yang dianjurkan. Bila ketinggian permukaan minyak dalam tabung sudah turun, segera tambahkan dengan yang baru sampai batas atas.

Jangan melebihi garis batas yang dianjurkan. Pastikan jenis dan merek minyak power steering sama dengan yang direkomendasikan pabrikan mobil. Atau bila Anda kurang ‘sreg’ dengan kondisi minyakpower steering yang berwarna lebih gelap, disedot saja yang ada di tabung reservoir dan tambahkan dengan yang baru.

Jadi Anda tak perlu menguras habis isi minyak power steering dan diisi dengan yang baru, cukup diambil minyak lama yang ada di tabung dan diisi dengan yang baru, begitu seterusnya sampai semua minyak berganti menjadi lebih berwarna cerah sesuai warna minyak baru.

Perlu diingat juga bahwa jika permukaan minyak sering turun dalam waktu singkat, itu artinya ada kebocoran dalam selang. Segera bawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel khusus perbaikanpower steering, karena bila dibawa ke bengkel biasa yang bukan ahlinya, bisa-bisa Anda akan menguras kantong lebih banyak lagi karena akan muncul masalah yang lebih besar, yaitu kerusakan pada power steering. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here