Mobil Buatan Mahasiswa Indonesia Sanggup Tembus 792 Km/Liter

RAJAMOBIL.COM, Manila – Mobil buatan mahasiswa Indonesia menyabet gelar di ajang Shell Eco-marathon Asia 2016. Mobil racikan Tim Sadewa dari Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih juara pertama untuk kategori mobil Urban Concept.

Mobil yang menggunakan gasoline tersebut mampu memecahkan rekor jarak tempuh hingga 275 km/liter. Angka tersebut dua kali lebih cepat dari kemenangan yang diraih tahun lalu.

Sementara untuk kategori Prototype, tim lainnya dari Universitas Indonesia, yakni Tim Nakoela juga meraih juara pertama untuk kategori Prototype energi gasoline dengan menembus angka 792 km/liter.

Shell Eco-marathon Asia 2016 yang berlangsung di Manila, Filipina diikuti lebih dari 117 tim  mahasiswa yang berasal dari 17 negara di Asia, Timur Tengah, dan Australia.

Menurut Alfian Ibnu Pratama, Manajer Tim Sadewa menyatakan, kemenangan tersebut berkat hasil kerja keras timnya.

“Ini adalah sebuah kemenangan yang tidak pernah kami duga dan targetkan sebelumnya. Tahun lalu, mobil kami tidak bisa masuk ke trek karena berbagai kendala teknis,” terang Alfian dalam peryataan resminya.

Selain Tim Sadewa dari Universitas Indonesia ada lima tim mahasiswa Indonesia lainnya yang berjaya di kategori Urban Concept di antaranya Tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang meraih juara pertama dan Tim Bengawan Team 2 dari Universitas Sebelas Maret yang meraih juara kedua untuk kategori Urban Concept dengan energi Solar.

Tim Cikal Ethanol dari Institut Teknologi Bandung (ITB) juga meraih juara kedua, Tim Horas Mesin dari Universitas Sumatera Utara (USU) untuk juara ketiga kategori Urban Concept dengan menggunakan etanol sebagai alternative fuel (bahan bakar alternative). Dan terakhir adalah Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan.

“Prestasi yang diraih tahun ini semakin mengukuhkan posisi tim Indonesia sebagai tim yang senantiasa diperhitungkan dalam ajang kompetisi mendesain, menciptakan dan mengendarai mobil paling  hemat energi, yang secara rutin diselenggarakan oleh Shell,” terang Darwin Silalahi, Presiden Direktur PT Shell Indonesia.

Menurut Darwin nantinya ketiga tim, yaitu Sadewa, Bumi Siliwangi Team 4, dan Tim ITS Team 2 akan berangkat ke Shell Eco-marathon Drivers’ World Champhionship di Shell Eco-marathon Eropa 2016 pada Juni mendatang di London, Inggris. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here