Regulasi Impor Truk Bekas tak Perlu Diributkan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pemerintah meminta pelaku industri truk dalam negeri tak perlu meributkan regulasi yang mengizinkan impor truk bekas. Apa alasannya?

Impor truk bekas diyakini tidak akan berimbas pada pasar domestik karena produk yang diizinkan untuk diimpor belum dapat diproduksi di Indonesia.

“Terkait masalah itu tidak usah diributkan, karena produknya juga tidak ada di pasar dalam negeri,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Putu dengan alasan itu, kondisi pasar domestik tidak akan terimbas dengan aturan tersebut.

“Sejauh ini produsen truk di dalam negeri belum ada yang memproduksi jenis truk tersebut sebagaimana tertuang dalam persyaratan,” papar dia.

Sementara Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Yan Sibarang, mengatakan pelaksanaan regulasi impor barang modal dalam keadaan tidak baru sepenuhnya merupakan kewenangan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Kemendag telah menyiapkan daftar produk yang diizinkan seperti tertera pada lampiran. Untuk pengajuan impor barang bekas seperti truk, nantinya Kemendag yang akan mengeluarkan izin,” ujarnya.

Sebagai informasi beberapa waktu lalu Kemenperin menerbitkan Permen No.14/2016 tentang kriteria teknis impor barang modal dalam keadaan tidak baru sebagai tindaklanjut Permendag No.127/2015 yang membolehkan impor barang bekas. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here