Toyota Calya Raih Bintang 4 di Uji Tabrak ASEAN NCAP

Toyota Calya Raih Bintang 4 ASEAN NCAP

RajaMobil.com – Mobil LCGC dari Toyota yakni Toyota Calya telah mengikuti uji tabrak yang diselenggarakan oleh ASEAN NCAP (New Car Assesment Program). Hasilnya ? Toyota Calya berhasil meraih bintang 4.

Meski tergolong mobil murah, Toyota Calya 2017 berhasil mendapatkan 12.93 poin pada Adult Occupant Protection (AOP). Dari segi perlindungan anak kecil atau Child Occupant Protection (COP) mendapatkan nilai 73%. Untuk uji tabrak samping atau side impact test pun Toyota Calya lolos dan layak untuk jadi mobil yang digunakan untuk sehari-hari.

Di IndonesiaToyota menghadirkan Calya dalam dua jenis transmisi, matik dan manual. Tipe Toyota Calya bakal hadir dalam 4+1 varian, yakni 1.2 G A/T, 1.2 G M/T, 1.2 E A/T, 1.2 E M/T, dan 1.2 E M/T STD. Untuk tipe 1.2 E M/T STD, kabarnya dihadirkan Toyota untuk memenuhi permintaan fleet.

Untuk urusan dapur pacu, Toyota Calya bakal hadir dengan menggunakan mesin 3NR-VE berkapasitas 1.200 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya hingga 88 tenaga kuda dengan menggunakan transmisi manual dan matik terdiri dari 4 dan 5 kecepatan.

Dari sisi keamanan, Toyota menghadirkan fitur, seperti immobillizer, remote alarm, dual SRS airbag, rear parking sensor, ABS, ISOFIX. Berbeda dengan mobil LCGC yang telah ada, Toyota mengklaim varian Calya hadir dengan menggunakan kapasitas 7-seater, bukan 5+2.

Pada bagian kabin, Toyota Calya tidak dilengkapi double blower di bagian atap seperti Avanza-Xenia. Namun mobil ini sudah dilengkapi dengan AC + air circulator, ini mungkin dengan penyesuaian penempatan blower AC agar dapat mengalirkan udara AC hingga baris ketiga.

Untuk sistem hiburan, Toyota Calya menyematkan HU double DIN yang bisa memainkan CD, koneksi USB, AUX, dan bluetooth, selain itu terdapat juga armrest depan, MID + ECO indicator, headrest yang terintegrasi dengan jok.

Tuas perseniling dibuat menyatu dengan bagian dashboard oleh Toyota. Hal tersebut menjadi pembeda dibanding LCGC Toyota lainnya, Agya. Bagian bangku baris kedua, Calya memiliki fitur kursi sliding dan direbahkan (relincing) serta dilipat hanya satu kali proses (one touch tumble) dengan pelipatan 60:40.

Desain Toyota Calya sendiri kabarnya menggunakan struktur bodi Global Outstanding Assessment (GOA), yang merupakan teknologi bodi mobil yang diterapkan Toyota pada struktur body mobil terbarunya.

Secara tampilan mobil ini memiliki tampilan keen look di mana bagian depannya mirip seperti yang diusung Toyota Yaris yang dipasarkan di Eropa. Sementara pada bagian grille terlihat memiliki desain heksagonal serta dipermanis dengan lapisan krom.

Bagian bumper depan Toyota Calya kali ini dipersatukan dengan fender yang membuat tampilan depan mobil tampak padu. Pada bagian bawah juga terdapat headlamp yang dapat membantu pengendara di malam hari.

Untuk pilihan warnanya, Toyota Calya hadir dalam pilihan 6 warna berbeda, yakni Orange Metallic (Hero color), Grey Metallic, Silver Metallic, Red (Solid), Black (Solid), White (Solid).

Sementara Untuk Harga Toyota Calya yang hadir dalam E dan G dijual mulai Rp134.100.000 sampai Rp151.650.000.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here