Tips Mudah Rawat Mobil Saat Musim Hujan

Tips Cuci Mobil

RajaMobil.com – Memasuki musim penghujan berbagai macam masalah terjadi terutama pada kendaraan roda empat. Kondisi kendaraan di musim hujan akan mudah kotor sehinga butuh perawatan ekstra agar tampilan serta performanya tetap maksimal.

Pemilik mobil sebenarnya wajib melihat kondisi performa mobil serta tampilannya secara rutin, akan tetapi mereka masih belum mau melakukan perawatan dengan dalih butuh biaya besar. Berikut ini tips mudah rawat mobil saat musim hujan bisa memberi gambaran kepada pemilik mobil.

Selalu Cek Sistem Elektrik

Pada saat memasuki musim hujan, komponen elektrik pada mobil menjadi bagian paling riskan terkena gangguan. Oleh karena itu pemilik mobil wajib memastikan kondisinya tetap tertutup agar terhindar dari masalah konsleting. Air hujan yang masuk dalam komponen elektrik mobil dapat menimbulkan masalah serius, oleh karena itu kinerja mobil masih tetap stabil jika Anda mampu memperhatikan proteksi komponen sistem elektrik.

Cek Pelumas Mobil

Berikutnya dari bagian pelumas mobil juga wajib dicek secara rutin. Jika Anda sering berkendara di kondisi jalan tergenang air besar kemungkinan pelumas tercampur dengan air sehingga tampilannya seperti susu. Pemilik mobil wajib mengganti pelumas lebih sering setidaknya satu bulan sekali untuk menghindari kerusakan komponen mesin mobil.

Selalu Cuci Setelah Terkena Hujan

Tips mudah rawat mobil pada musim hujan cukup mencucinya setelah terguyur air hujan. Kandungan asam cukup tinggi di dalam air hujan bisa mengurangi estetika bagian mesin ataupun bodi yang terbuat dari besi. Munculnya karat pada bagian bodi mobil akan memperburuk tampilannya sehingga butuh upaya pencegahan dengan cara mencucinya setelah terguyur air hujan.

Cek Saluran Bahan Bakar

Pemilik mobil wajib melakukan cek saluran bahan bakar untuk terhindar dari kebocoran. Jika terjadi kebocoran saluran bahan bakar ataupun pada bagian tangki maka potensi kerusakan bisa lebih besar. Maka, selalu cek saluran bahan bakar secara berkala pada musim hujan untuk menjaga performa mobil tetap stabil.

Mempraktekkan tips mudah rawat mobil pada saat musim hujan bisa memberi manfaat pada komponen mesin serta estetikanya. Jadi jangan sepelekan masalah gangguan saat musim hujan karena dampaknya bisa cukup buruk pada performa

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here