Amerika Serikat – Mobil listrik besutan negara Jerman, Volkswagen (VW) I.D. R Pikes Peak berhasil memecahkan rekor tercepat di ajang Pikes Peak International Hill Climb 2018 yang berlangsung pada (24/6) lalu di Colorado, Amerika Serikat.

Romain Dumas menjadi pebalap pertama yang menaklukkan lintasan sepanjang 19,98 km dengan waktu 7menit 57.148detik, dan mengalahkan rekor sebelumnya milik Sebastien Loeb dengan Peugeot T16 Pikes Peak yang diukir pada 2013.

Menggunakan I.D. R Pikes Peak dengan tenaga 670 hp dan torsi 650 Nm dari motor listriknya, nama Romain Dumas kini berada di puncak daftar juara Pikes Peak bersama pebalap terkenal dari juara sebelumnya, seperti Sébastien Loeb, Walter Röhrl, Michèle Mouton, Stig Blomqvist, Nobuhiro Tajima dan juga Rod Millen serta putranya Rhys.

“Identitas I.D R Pikes Peak adalah pelopor sporty dari keluarga I.D Volkswagen. Hari ini, kami melihat kemampuan teknologi ini,” ujar Kepala Teknis Volkswagen, Dr Frank Welsch.

“Setiap karyawan Volkswagen sangat bangga dengan hasil hari ini. Saya mengucapkan selamat kepada tim dari lubuk hatiku. Dengan kombinasi keahlian teknik luar biasa, semangat dan komitmen tim telah berhasil menciptakan mobil balap yang fantastis hanya dalam waktu 8 bulan,” katanya.

Dia menuturkan Volkswagen I.D R Pikes Peak kini telah menetapkan waktu tercepat dalam sejarah pendakian bukit.

Dumas memang baru pertama kali mengemudi di seluruh bagian trek dengan mobil ini, namun hasil yang dicapai oleh pebalap berusia 40 tahun itu patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, selain berhasil memecahkan rekor secara keseluruhan, Dumas juga berhasil mematahkan rekor Pikes Peak untuk mobil listrik yang sebelumnya dipegang oleh Rhys Millen dengan mobile O PP100 di tahun 2016.

Selain itu, Volkswagen juga berkomitmen menjaga lingkungan tetap bersih selama ajang ini, dengan memanfaatkan gliserin sebagai bahan bakar generator pengisi baterai I.D. R Pikes Peak. Material ini dapat menjadi alternatif biodiesel yang tidak menghasilkan asap dan residu berbahaya.

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here