Mengenal Calon Mesin Supra MKV, Petrolhead Siap-siap Untuk Tenaga Lebih Besar

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Buat para petrolhead Toyota Supra merupakan mobil legendaris dengan mesin 6 silinder terkuat yang mampu menembus angka 1.000 Hp jika dimodifikasi. Berbicara soal Supra, Toyota telah mengkonfirmasi bahwa Supra akan lahir kembali di 2020 mendatang. Namun, Supra generasi kelima berkode A90 ini tidak lagi menggunakan mesin 6 silinder dari Toyota melainkan dari BMW Z4.

Proyek kerjasama ini tidak dapat dipungkiri lagi, pasalnya, Toyota harus berinvestasi besar jika membangun dan mengembangkan mesin 6 silinder. Sama halnya dengan proyek kerjasama antara Toyota dan Subaru yang melahirkan 86 dan BRZ. Sebagaimana diketahui, meskipun memiliki dapur pacu yang sama, Supra dan Z4 memiliki rangka dan sasis yang berbeda. Jadi seperti apasih mesin Z4 yang menjadi dapur pacu Supra nanti?

illustrasi mesin BMW M40i

Mesin BMW Z4 yang akan dicangkokan kedalam Supra yaitu berkode M40i berkapasitas 3.0 liter dengan 6 silinder segaris supercharged. Dilansir dari carscoops, mesin M40i memiliki keluaran tenaga yang berbeda, sejauh ini antara pasar Amerika dan Eropa. Untuk pasar Amerika, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 382 HP sementara untuk pasar Eropa hanya 335 HP. Perbedaan tersebut karena adanya regulasi yang ketat dari pemerintah Eropa. Meskipun demikian, mesin ini memiliki torsi yang sama  yakni 500Nm.

Mesin M40i ini dikawinkan dengan transmisi otomatis steptronic 8 percepatan yang mengalir keroda belakang. Hasilnya, mesin ini mampu membawa mobil melesat cukup kencang. Melalui tes yang dilakukan pada BMW Z4, mesin ini mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,5 detik dan mampu menembus kecepatan maksimal di 250 km/jam.

Well, meski mesin ini nantinya mampu membawa kembali Supra generasi kelima dengan tenaga lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Para penggemar Supra khususnya beraliran JDM nampaknya sedikit kecewa, karena sensasi berkendara ke Jepang-Jepangannya menghilang. Namun jangan khawatir, dibalik kerjasama ini kalian mendapatkna keuntungan juga lho nantinya. Mungkin salah satu keuntungannya seperti sparepart aftermarket untuk mesin melimpah karena yang digunakan sama.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here