Toyota Tawarkan Supra dengan Mesin 4 Silinder, Apa Cukup?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Setelah dikonfirmasi mulai dipasarkan tahun 2020 mendatang, Supra MKV, tidak hanya hadir dengan satu pilihan opsi mesin. Untuk beberapa Negara, mesin berkapasitas besar menjadi sebuah pertimbangan baik dari segi regulasi, efisiensi, dan sebagainya. Toyota menghadirkan Supra MKV hadir dengan dua pilihan mesin yaitu 3.000cc dan 2.000cc.

Sebagaimana diketahui, Supra MKV lahir dari proyek kerjasama Toyota dan BMW. BMW Z4 berbagi platform dan penggerak dengan Supra MKV. Untuk pasar Amerika Serikat, Supra MKV hadir dengan spesifikasi yang telah ditampilkan pada ajang Detroit Auto Show 2019 yakni menggendong mesin berkapasitas 3.000cc 6 silinder segaris lengkap dengan turbocharged.

Untuk pasar Jepang, Toyota memberikan opsi lain yaitu mesin berkapasitas 2.000cc empat silinder segaris dengan twin-scroll turbocharged. Apa yang spesial dan membuat Toyota menghadirkan pilihan opsi mesin ini?

Mungkin yang menarik dari mesin 2.000cc tersebut adalah penggunaan twin-scroll turbochaged. Twin-scroll turbocharged, diklaim dapat berdampak pada produksi kinerja secara keseluruhan. Sehingga dapat diklaim, cukup untuk menghasilkan mesin lebih bertenaga serta berakselerasi dengan cepat.

Dikutip dari Superstreet.com, Twin-scroll turbocharged merupakan penyempurnaan dari system single-scroll turbocharged untuk memisahkan silinder-silinder dalam menghasilkan gas buang yang mengganggu kinerja. Twin-scroll turbochaged didesain untuk pemasangan silinder ke satu sisi turbin sehingga tenaga kinetic yang dihasilkan oleh turbin lebih efisien.

Misalnya, jika mesin empat silinder memiliki urutan tenaga seperti 1-3-4-2, silinder 1 menutup langkah ekspansi dan membuka katup buang. Sementara, silinder 2 masih memiliki katup buang terbuka. Pada saat urutan tumpang tindih, kedua katup intake dan exhaust sebagian terbuka disaat bersamaan. Hal tersebut untuk mengurangi turbolag dan menghilangkan gangguan kemapuan ketika tekanan gas buang silinder 2 tertahan dengan tekanan gas buang silinder 1.

Hasil yang berdampak dari twin-scroll turbocharged ini yaitu distribusi tekanan yang jauh lebih baik pada port pembuangan dan pengiriman energi gas buang lebih efisien ke turbin turbocharged. Ini juga berdampak pada udara yang jernih dan lebih padat masuk kedalam ruang mesin, menghasikan pembakaran lebih sempurna dan tenaga lebih maksimal.

Untuk itu, Toyota percaya bahwa meskipun 4 silinder 2.000cc twin-scroll turbocharged dapat memuaskan para pecinta balap. Mesin ini diklaim mampu menghasikan tenaga sebesar 194 hp dan torsi sebesar 236 lb-ft. Mesin tersebut dianggap cukup untuk membuat Supra MKV berakselerasi dari 0-62mph dalam 6,5 detik. Sebagaimana diketahui, Supra MKV dan BMW Z4 merupakan hasil kerjasama. Tentu, BMW Z4 juga menawarkan pilihan mesin yang sama yakni 2.000cc 4 silinder.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here