RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pabrikan kendaraan roda empat asal Korea Selatan, KIA Motors, kembali meluncurkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) Sportage bertajuk KIA KX5 dengan wajah dan tampilan yang lebih serius dari sebelumnya, Cina (21/3).

KIA merilis KX5 Compact SUV di pasar Cina melalui perusahaan patungan lokal Dongfeng Yueda Kia. Perubahan terletak pada bodi depan yang sepenuhnya didesain ulang dengan melubangi wajah hingga melengkung. Selain itu, bagian lampu depan menampilkan desain yang lebih ramping lengkap dengan gril.

Baca juga : KIA Telluride, SUV Terbesar Dengan Jaminan Kemewahan dan Kenyaman

KIA KX5

Perubahan lain pada mobil ini, terletak pada bagian kabin yang mengadopsi desain dasbor baru dengan fitur dan teknologi paling anyar. Untuk fitur hiburannya disematkan layar sentuh berukuran 7 inci dan sistem infotainmen 10,25 inci. Menariknya, tidak ada tombol fisik untuk mengoperasikan sistem kontrol iklim, karena telah digantikan oleh panel sentuh yang sensitif.

Varian terbaru ini tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni T-GDI empat silinder 1,6 liter turbocharged yang menghasilkan 174 HP dan torsi 265 Nm. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut disalurkan ke transmisi kopling ganda tujuh kecepatan, serta mesin 2.0 liter empat silinder yang secara alami menghasilkan tenaga sebesar 162 HP dan torsi 203Nm dengan transmisi otomatis enam kecepatan.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap KIA Grand Sedona Diesel

KIA KX5

KIA KX5 diklaim jauh lebih tenang dari sebelumnya, berkat bahan kedap suara multi-layer tambahan yang digunakan di kabin. Selain itu, berbagai sistem aktif juga disematkan seperti sistem kontrol suara bertenaga AI baru, pengisian nirkabel, kamera parkir 360 derajat.

KIA Sportage pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 1993, dan hingga kini telah mempunyai empat generasi. Kia Sportage generasi pertama pernah memenangkan juara ketiga dalam lomba Reli Dakar. Generasi tersebut diproduksi dari 1993 hingga 2004. Generasi kedua hadir dari tahun 20014 sampai 2010, dan generasi berikutnya dari 2010 hingga sebelum KX5 lahir.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here