RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Outlander PHEV jadi salah satu produk terbaru Mitsubishi. Mobil ini diluncurkan dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang tengah berlangsung di ICE, BSD Tangerang. Mobil ramah lingkungan ini mengadopsi teknologi hybrid. Selain itu, Outlander PHEV juga memiliki keunggulan lain, apa itu?

Seperti yang diungkapkan Irwansyah Siregar Head of Technical Service & CS Support Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), berbeda dengan mobil hybrid lain, Outlander PHEV juga bisa digunakan sebagai generator bila dibutuhkan. Tenaga listrik yang tersimpan di baterai mobil ini bisa digunakan untuk menghidupkan berbagai peralatan elektronik.

“Iya, jadi bisa digunakan sebagai generator, seperti powerbank. Jadi kalau kondisi baterainya penuh, listrik yang ada di Outlander PHEV bisa digunakan untuk yang lain, tapi dibatasi hanya sampai 1.500 watt. Colokannya ada dibagian belakang, jadi bisa untuk kulkas, lampu dan lainnya,” terang Irwansyah.

Sebagai informasi, Outlander PHEV merupakan kendaraan listrik pertama Mitsubishi di pasar otomotif Indonesia. Mobil ini hadir dengan mengkombinasikan motor listrik dan mesin konvensional. Outlander PHEV memiliki tiga mode yaitu EV Drive Mode: Electric power only, Series Hybrid Mode: Electric power + engine assistance, dan Parallel Hybrid Mode: Engine power + motor assistance.

Mitsubishi juga menyatakan, motor listrik yang ada di Outlander PHEV juga dapat dimanfaatkan sebagai genset bila dibutuhkan. Untuk dapur pacu, Outlander PHEV menggunakan mesin bensin 2.4 liter. Mesin bensin ini dikombinasikan motor listrik yang juga berfungsi sebagai generator yang berfungsi untuk mengisi daya listrik ke baterai. Lantaran merupakan mobil listrik, penggerak utama adalah baterai.

Mobil yang dibandrol Rp 1,28 miliar ini dihadirkan Mitsubishi guna mendukung program pemerintah yang ingin mengurangi polusi gas buang. Sejak diluncurkan, penjualan Outlander PHEV sudah mencapai 40 unit.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here