Saksikan Teknologi Pembatas Kecepatan dari Ford

RAJAMOBIL.COM, Los Angeles – Ford kini menyematkan teknologi yang dapat membatasi kecepatan secara otomatis, sehingga dapat membantu pengemudi terhindar dari tilang bila melebihi batas kecepatan.

New Ford S-Max, yang kini dipasarkan di Eropa, sudah dibekali fitur bernama Intelligent Speed Limiter, yang dapat secara otomatis menyesuaikan kecepatan kendaraan agar tetap berada dalam batas kecepatan yang diizinkan.

Sistem ini dapat diaktifkan melalui lingkar kemudi dan pengemudi juga dapat menyetel kecepatan maksimum yang diinginkan sebelum kamera yang diletakkan di kaca depan mulai mengambil alih tugas membatasi kecepatan. Fungsi kamera adalah untuk memantau rambu-rambu lalu lintas dan akan secara otomatis memperlambat laju kendaraan. Ini jika batas kecepatan yang diizinkan lebih rendah dari batas kecepatan yang sudah disetel pengemudi, demikian seperti dilansirFord melalui laman resminya.

Menurut Ford, sistem tersebut juga dapat dinonaktifkan, sehingga pengemudi tetap bisa menyesuaikan kecepatan kendaraan secara manual. Tetapi bila pengemudi tidak sadar telah melanggar batas kecepatan, ia harus siap menerima surat tilang. Ford menyebutkan sistem ini efektif dalam kecepatan di kisaran 32 km/jam hingga 193 km/jam dan akan secara perlahan memperlambat laju kendaraan dengan mengurangi pasokan bahan bakar ke mesin dan bukan dengan mengaktifkan pedal rem.

Cara kerjanya mungkin sama dengan adaptive cruise control system, tapi Intelligent Speed Limiter juga dapat menimbulkan suara alarm jika kendaraan melintasi jalan menurun dan melampaui kecepatan tertentu.

Bila Anda ingin menyaksikan bagaimana teknologi pintar ini bekerja, simak tayangan videonya berikut ini. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here