Truk Tanpa Supir Diuji Coba di Jalan Raya

RAJAMOBIL.COM, Nevada – Freightliner, produsen truk trailer tengah menguji coba kendaraan barunya,
Inspiration Truck. Truk trailer tersebut mengadopsi teknologi canggih yang dapat melaju tanpa dikendalikan manusia di dalamnya.

Mobil tersebut tengah diuji coba di Nevada, Amerika Serikat. Mobil yang dibuat perusahaan di bawah naungan Daimler AG menjadikan truk trailer pertama semi otonom yang melaju di jalanan.

Worldcarfans melansir, kendaraan baru buatan Freightliner tersebut terinspirasi dari Mercedes-Benz Truck Future 2025. Mercedes-Benz telah mengungkapkan truk masa depannya pada Juli 2014.

Meski dapat melaju secara otomatis, namun truk trailer tersebut tetap memerlukan bantuan manusia dalam kondisi tertentu. Beberapa teknologi canggih seperti sensor di bagian depan dan kamera membantu fungsi teknologi semi otonom tersebut.

Sementara itu, Daimler menyatakan bila truk trailer Freightliner tersebut aman di jalan raya. Teknologi semi otonom pada kendaraan ini dapat menyesuaikan dengan lalu lintas di sekitarnya.

Produsen kendaraan tersebut juga menyatakan truk trailernya lebih hemat bakar hingga lima persen. Selain itu, kendaraan ini juga diklaim lebih ramah lingkungan. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here